BERITA TERBARU
Minggu, 01 Apr 2018 11:27 WIB

Sinyal Indosat Sampai ke 7 Provinsi Pelosok Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
BTS Indosat Ooredoo di wilayah pelosok. Foto: Dok. Indosat Ooredoo BTS Indosat Ooredoo di wilayah pelosok. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Jakarta - Sinyal telekomunikasi Indosat Ooredoo diklaim mulai bisa dirasakan di daerah Tertinggal, Terpencil, dan Terluar (3T) yang tersebar di tujuh provinsi Indonesia.

Tujuh provinsi yang dimaksud adalah Provinsi Kepulauan Riau (Kepulauan Anambas, Natuna), Kalimantan Utara (Nunukan, Malinau), Kalimantan Tengah (Kapuas), Kalimantan Barat (Sanggau, Ketapang, Kapuas Hulu), Nusa Tenggara Timur (Alor, Belu, Menggarai Timur, Mataru), Maluku (Maluku Tenggara Barat), dan Maluku Utara (Halmahera Barat, Halmahera Utara).

Sebanyak 119 Base Transceiver Station (BTS) USO dibangun bersama dengan Perluasan jaringan ini dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat pembangunan ekonomi di wilayah pelosok.



President Director & CEO Indosat Ooredoo Joy Wahyudi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada pemerintah yang telah memberikan kepercayaan bagi Indosat Ooredoo jadi bagian dari pelaksana program USO.

"Hal ini sejalan dengan misi dan komitmen kami untuk terus membangun infrastruktur telekomunikasi, termasuk di daerah terpencil guna memberikan hak yang sama bagi masyarakat di wilayah tersebut untuk dapat menikmati layanan telekomunikasi, membangun kehidupan sosial dan ekonomi sekaligus mengejar ketertinggalan dari wilayah lain," tutur Joy dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/4/2018).

Diceritakan, selama proses pembangunan, hal-hal menarik dan menantang dihadapi oleh tim Indosat Ooredoo. Contohnya, di Desa Wayagung, Kecamatan Krayan, Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia, perangkat BTS harus dibawa menggunakan pesawat, dilanjutkan dengan mobil off-road, dan kemudian diangkut menggunakan kerbau selama satu hari untuk sampai di lokasi.

Disampaikan Joy, pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan juga bertujuan untuk menjaga kedaulatan dan kesatuan wilayah Republik Indonesia.
"Khususnya di wilayah-wilayah terdepan dan terluar yang berbatasan dengan negera tetangga," kata Joy.



Indosat Ooredoo memberikan kontribusi USO sebesar Rp 1,8 trilun dalam enam tahun terakhir. Kontribusi tersebut, merupakan 1,25% dari pendapatan kotor perusahaan.

Operator seluler yang identik warna kuning ini cova berperan aktif dalam pelaksanaan program USO bersama dengan Bakti. Pada tahun 2017 BP3TI memberi kepercayaan kepada mereka untuk membangun BTS USO sebanyak 119 sites di tujuh provinsi di Indonesia. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fotostop: Biru Kuis

    Fotostop: Biru

    Jumat, 27 Apr 2018 10:41 WIB
    Warna biru memberikan kesan menenangkan, tenang dan juga damai. Warna biru pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. Yuk ikutan kuis fotostop detikINET.
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.