Rabu, 28 Mar 2018 06:41 WIB

4G Mengalir Lancar di Pulau Terluar Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Masyarakat di pulau terluar Indonesia akhirnya dapat menikmati layanan internet cepat seperti yang dirasakan di kota besar pulau Jawa. Anambas dan Natuna menjadi daftar terbaru yang saat ini warganya sudah menikmati koneksi 4G.

Hal itu terwujud usai Telkomsel membangun dua Base Transceiver Station (BTS) 4G baru di Kepulauan Anambas dan Natuna. Dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G di wilayah perbatasan ini, kini Telkomsel telah mengoperasikan 89 BTS di Anambas dan Natuna, termasuk delapan BTS diantaranya sudah 4G.

"Upaya Telkomsel dalam membangun layanan 4G di Natuna dan Anambas selaras dengan komitmen dalam memperkuat wilayah terdepan yang merupakan lini strategis Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/3/2018).

"Kami berharap pemerintah dan masyarakat dapat mengoptimalkan layanan 4G yang kami gelar untuk meningkatkan produktivitas dalam membangun wilayah Natuna dan Anambas," kata Bob melanjutkan.


4G Mengalir Lancar di Pulau Terluar IndonesiaFoto: Dok. Telkomsel

BTS 4G yang terbaru ini terletak di Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna dan Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas.

Sebagai informasi, dioperasikan dua unit BTS ini merupakan hasil kerjasama antara Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telkomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Universal Service Obligation (USO).

Untuk memperkuat jaringan di Anambas dan Natuna yang berhadapan langsung dengan Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Malaysia ini, Telkomsel mengaku menempuhnya tidak mudah. Sebab, perangkat BTS tersebut harus didatangkan dari luar pulau dan menempuh medan yang sulit.


"Kendati penuh tantangan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Natuna dan Anambas tetap kami lakukan, agar wilayah-wilayah terdepan ini bisa memperoleh layanan yang sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia," ucapnya Bob.

Hadirnya layanan jaringan generasi keempat ini di Anambas dan Natuna, diharapkan memberikan dampak positif kepada masyarakat setempat, khususnya dalam melakukan pertukaran informasi dengan lebih cepat.

Terutama di Natuna, yang memiliki letak strategis strategis secara geopolitik dan berada pada jalur pelayaran internasional Hong Kong, Jepang, Korea, dan Taiwan. Selain itu, Natuna juga dikenal sebagai penghasil minyak dan gas.



Adanya kualitas layanan komunikasi, khusus akses internet yang digelar oleh Telkomsel di Anambas dan Natuna, memungkinkan mendukung percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah, sekaligus menjadi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, hingga lapangan kerja baru.

Hingga akhir tahun 2017, Telkomsel telah menggelar lebih dari 160.000 BTS di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 28.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan menggunakan layanan data. (agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed