Alhamdulillah! Pulau Terluar RI Sudah Bisa Ngebut Internetan

Alhamdulillah! Pulau Terluar RI Sudah Bisa Ngebut Internetan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 26 Mar 2018 20:25 WIB
Menkominfo Rudiantara meresmikan Palapa Ring Barat (detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Proyek Palapa Ring Barat dinyatakan telah beroperasi. Masyarakat di sekitarnya pun sudah bisa menikmati akses internet kecepatan tinggi.

Sebelumnya, di wilayah yang dinilai kurang menguntungkan untuk bisnis ini, operator enggan untuk membangun jaringan telekomunikasi. Pemerintah kemudian membangun tulang punggung kabel fiber optik seperti Palapa Ring. Proyek ini dibagi dalam tiga paket, yakni paket barat, tengah, dan timur.

Untuk Palapa Ring Barat, belum dilakukan peresmian. Meski demikian, saat ini masyarakat sudah mulai merasakan layanan broadband seperti di perkotaan.



"Palapa Ring Barat sudah beroperasi, kita fokus kepada operasi dan bangun akses, makin banyak yang bangun, maka makin bagus," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam kunjungan kerjanya ke Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna, Senin (26/3/2018).

Hore! Pulau Terluar RI Cicipi Internet Kecepatan TinggiFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


"Masalah peresmian itu seremonial saja, yang penting Palapa Ring Barat sudah dapat beroperasi. Alhamdulillah selesai tepat waktu, itu lebih prioritas," tambahnya.

Karenanya, dalam kunjungan ke dua kepulauan yang langsung berbatasan dengan negera tetangga ini, Menkominfo mengecek apakah jaringan telekomunikasi di sini sudah bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar berinternet atau belum.

"Ternyata, sudah bisa akses 4G. Di sini sudah bisa pakai WiFi gratis. Dulu di sini harus pakai satelit," imbuhnya.



Ia menyadari, manfaat Palapa Ring Barat baru sebagian tempat. Itu sebabnya, dalam kesempatan ini juga, Rudiantara meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang ingin merasakan akses internet, agar dapat memudahkan perizinan kepada operator seluler yang akan membangun jaringan.

"Akses baru di sini akan diperluas oleh operator, baik itu Telkomsel, XL, Indosat maupun lainnya. Maka dari itu, pemerintah daerah permudah izin mereka kalau mau bangun jaringan," sebut pria berkacamata ini.

Hore! Pulau Terluar RI Cicipi Internet Kecepatan TinggiFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Penggelaran kabel Palapa Ring Barat resmi dimulai pada bulan Agustus 2017 dan selesai pada bulan Maret 2018. Penggelaran Kabel terbagi menjadi dua tahap, sebagai berikut:

Tahap pertama
- segmen Tanjung Bembam Batam - Tarempa (sepanjang 369 km)
- segmen Tarempa - Ranai (322 km); segmen Ranai - Singkawang (352 km)
- segmen Sekanah Daik Lingga - UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km)

Tahap kedua
- Batam - Karimun - Tebing Tinggi - Bengkalis - Siak
- segmen Daik Lingga - Kuala Tungkal.

Selain Palapa Ring, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) juga akan memberikan program akses gratis di sekolah, puskesmas, hingga fasilitas publik lainnya. (rns/rou)