Selasa, 28 Nov 2017 15:38 WIB

Gunung Agung Erupsi, Kominfo: Layanan Komunikasi Aman

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: REUTERS/Darren Whiteside Foto: REUTERS/Darren Whiteside
Jakarta -
Berkenaan dengan Dampak Erupsi Gunung Agung dengan status "Awas" sebagaimana ditetapkan oleh Gubernur Bali pada Senin, (27/11) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan peristiwa itu tidak berdampak pada layanan komunikasi di sekitar lokasi bencana.
"Melalui Balai Monitoring Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melakukan monitoring di lapangan terhadap fasilitas sarana dan prasarana telekomunikasi nasional di wilayah Provinsi Bali dan Provinsi NTB yang secara umum berjalan dengan baik dan terkendali," ujar Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza dalam pernyataannya, Selasa (28/11/2017).
Pada kesempatan ini juga, Kominfo memberikan rincian terkini terkait layanan komunikasi pasca-erupsi Gunung Agung, yaitu sebagai berikut:
1. Kondisi sarana dan prasarana telekomunikasi nasional khususnya layanan telepon seluler dan penyiaran nasional tidak mengalami gangguan dan tetap dapat memberikan layanan kepada masyarakat sebagaimana mestinya.
2. Penggunaan fasilitas komunikasi untuk kebutuhan posko-posko berjalan baik, aman, terkendali tidak ada gangguan
3. Penggunaan fasilitas komunikasi untuk kebutuhan penanganan kebencanaan oleh BNPB dan Badan SAR berjalan dengan baik dan terkendali.
4. Penggunaan fasilitas komunikasi masyarakat ORARI dan RAPI untuk membantu kebutuhan penanganan kebencanaan juga berjalan dengan baik dan terkendali.
5. Spektrum frekuensi sarana pengendali penerbangan di kedua wilayah (Airnav) berfungsi baik dan terkendali.
"Monitoring penggunaan spectrum frekuensi radio terus dilakukan di lapangan untuk secara terus menerus memastikan sarana dan prasarana telekomunikasi berjalan baik di wilayah terdampak bencana dan wilayah yang lebih luas," tutur Noor.


(agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed