Jumat, 20 Okt 2017 18:18 WIB

IndonesiaNEXT 2017

Bos Telkomsel Tantang Mahasiswa Unpad Jadi Pengusaha

Wisma Putra - detikInet
Foto: detikINET/Wisma Putra Foto: detikINET/Wisma Putra
Sumedang - Telkomsel menggelar kuliah umum program IndonesiaNEXT 2017 di Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut bertajuk 'The Role of University to Prepare Workforce in Digital Age'

Kuliah umum ini diisi oleh Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir yang dihadiri 300 mahasiswa Unpad dari berbagai jurusan. "Kita harus siap menuju masa depan," kata Irfan dalam materinya, di Gedung Bale Sawala, Unpad, Jumat (20/10/2017).

Program ini merupakan inisiatif Telkomsel untuk memberikan sertifikasi atas keahlian mahasiswa untuk menghadapi persaingan global di dunia kerja. "Sertifikasi ini merupakan suatu syarat minimal, fungsinya adalah untuk memastikan bahwa peserta (mahasiswa) adalah orang-orang yang memiliki kualifikasi," ujarnya.

Bos Telkomsel Tantang Mahasiswa Unpad Jadi PengusahaFoto: detikINET/Wisma Putra


Pada kesempatan itu Irfan memberikan materi melalui materi video tentang Indonesia 2030 yang menggambarkan transformasi Indonesia masa mendatang dalam tampilan animasi.

Pantauan detikINET, kuliah umum yang berlangsung sekitar dua jam itu mendapat respons positif dari para mahasiswa. Nampak mereka antusias mendengarkan materi yang disampaikan Irfan.

Irfan mengungkapkan IndonesiaNEXT ialah ajang mencari bakat-bakat entrepreneur dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dengan program ini Telkomsel memberikan wadah kepada mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

Selain Bandung, Road Show IndonesiaNEXT ini juga sebelumnya sempat diselenggarakan di kota besar lainnya, di antaranya Medan, Yogya, Jakarta, Surabaya dan Makasar.

Bos Telkomsel Tantang Mahasiswa Unpad Jadi PengusahaFoto: detikINET/Wisma Putra


"Antusiasnya membludak, ternyata mereka sekarang lebih senang untuk jadi entrepreneur. Jadi saat Pak Jokowi nanya anak kecil mau jadi apa? Anak itu menjawab ingin jadi Youtuber, ini bagian dari itu (entrepreneur)," tuturnya.

Selain itu, Irfan menceritakan kesuksesan dua kakak-adik di Salatiga lulusan SMK yang membuat ibunya bingung lantaran mereka tiap hari diam di rumah dan menggunakan celana pendek tapi bisa buat rumah bagus dan beli mobil.

"Ternyata dia adalah suplier dan bekerja untuk salah satu movie company di Hollywood. Dia bekerja di rumah dan dikirim ke Hollywood. Dia dapat uangnya," ujar Irfan.

Irfan berharap melalui Program #IndonesiaNEXT 2017 pihaknya ingin menjaring lebih banyak anak-anak muda, terutama mahasiswa yang memiliki keinginan menjadi entrepreneur.

Bos Telkomsel Tantang Mahasiswa Unpad Jadi PengusahaFoto: detikINET/Wisma Putra


"Pesan saya, lakukan yang terbaik, yakin atas kemampuan sendiri dan jangan pernah takut gagal, nanti pada akhirnya akan berhasil," ucap Irfan.

Untuk wilayah Jawa Barat, pelaksanaan program IndonesiaNEXT ini rencananya digelar di Bandung pada 14-15 November 2017 untuk tahap pelatihan dan tes seleksi. Sertifikasi akan berlangsung pada 18-20 November 2017 di tiga kampus yaitu Unpad, Telkom University dan Universitas Maranatha.

Rektor Unpad Tri Hanggono mengatakan tantangan ke depan yang harus dihadapi generasi muda Indonesia tidak mudah. "Saya ajak saudara untruk membiasakan (persaingan), mudah-mudahan menjadi dorongan dan semangat untuk menjadi generasi yang berprestasi," kata Tri. (rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed