Jumat, 25 Agu 2017 19:29 WIB

Tapal Batas

Kerennya Wilayah Perbatasan, Bisa Pamer via Live Instagram

Rachmatunnisa - detikInet
Live Instagram dengan staf PLBN Entikong (Foto: Rachmatunnisa/detikINET) Live Instagram dengan staf PLBN Entikong (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)
Jakarta - Ramai orang berfoto-foto kini jadi pemandangan biasa di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia di kecamatan Entikong, kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Mereka adalah para pelancong yang senang melihat perbatasan negara ini sudah jauh lebih bagus.

Di sini, para pelancong bisa eksis di media sosial (medsos). Susah internetan di perbatasan kini tinggal cerita. Seiring bangunan yang dipercantik dan semakin ramai orang mengunjungi PLBN, infrastruktur telekomunikasi juga diperkuat Telkomsel di sana.

Penasaran, detikINET yang datang ke sana bersama tim Tapal Batas detikcom, mengetes langsung kecepatan 4G di PLBN Entikong. Bagaimana hasilnya?

Kerennya Wilayah Perbatasan, Bisa Pamer via Live Instagram


Dalam beberapa kali pengujian menggunakan aplikasi Speedtest, hasilnya menunjukkan kecepatan download terendah adalah 28,01 Mbps dan upload 16,36 Mbps. Sedangkan kecepatan tertingginya adalah 56,50 Mbps untuk download dan 19,12 Mbps untuk upload. Wuih!

Kesempatan menginjakkan kaki di PLBN ini pun tak disia-siakan. Sekalian menjajal koneksi 4G, kami menyapa detikers dan memamerkan PLBN yang keren ini lewat Live Instagram.

Berkeliling ditemani Alpian, Koordinator Lapangan PLBN Entikong, penjelasan mengenai bangunan ini jadi lebih lengkap lagi.

Kerennya Wilayah Perbatasan, Bisa Pamer via Live Instagram  Foto: Rachmatunnisa/detikINET


"PLBN yang baru ini jadi ikon wisata kita. Kebanyakan dari luar daerah atau luar negeri datang ke Entikong pasti berfoto-foto. Tempat yang paling sering itu di sana," sebutnya sambil menunjuk Monumen Garuda di bagian depan PLBN.

Diresmikan Presiden Joko Widodo pada Desember 2016, PLBN Entikong memang telah berubah total. Tak tampak lagi bangunan lusuh. Tempat ini berganti bangunan baru yang tampil lebih menawan secara penampilan dan lebih modern secara pelayanan.

PLBN Entikong adalah salah satu PLBN yang dirombak seluruhnya oleh pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), agar penampilannya lebih cantik dan membanggakan bagi warga perbatasan.

Video: Hai Malaysia, Perbatasan Entikong Kini Top Punya

Tak terasa, hampir satu jam berkeliling PLBN Entikong. Selama itu pula, tim Tapal Batas detikcom tak berhenti menyiarkannya melalui Live Instagram menggunakan nomor Telkomsel.

Dengan kecepatan tembus 56,50 Mbps, tak perlu khawatir koneksi macet. Pelanggan bisa menikmati streaming video YouTube tanpa buffering, atau eksis Live Instagram maupun Facebook Live dengan lancar. Mantap!

Nah, kalau kalian ke sini, silakan pamerkan PLBN yang keren ini di medsos. Dengan demikian, lebih banyak orang tahu wisata di perbatasan.





Simak cerita lainnya dari wilayah perbatasan di Tapal Batas detikcom.
(rns/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed