Selasa, 16 Mei 2017 15:02 WIB

Ini Cara XL Akali Keterbatasan Frekuensi

Adi Fida Rahman - detikInet
I Gede Darmayusa. Foto: Adi/detikcom I Gede Darmayusa. Foto: Adi/detikcom
Jakarta - Trafik data XL Axiata terus mengalami peningkatan, tapi di satu sisi frekuensi yang dimiliki dirasa terbatas. Alhasil mereka coba putar otak agar menjaga kualitas koneksi pelanggan dengan sumber daya yang ada.

Saksikan video 20detik tentang jaringan XL 4.5G di sini:


Vice President Service Operation Management XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dihitung peningkatannya dari 21% menjadi 63% dari total pelanggan. Hal tersebut membuat trafik data mereka melonjak .

"Saat ini trafik data harian XL mencapai 3.800 terabyte. Jumlah ini menambah di akhir pekan sebesar 200 terabyte," kaya Gede saat berbicara di workshop 4,5 G di XL Xperience Zone, Jakarta, (16/5/2016).

Kondisi ini jika tidak diantisipasi imbasnya kecepatan koneksi data pelanggan akan menurun. Untuk itu XL coba menerapkan jaringan 4,5G. Mereka percaya hal tersebut dapat memaksimalkan keterbatasan yang ada.

Adapun teknologi yang digunakan meliputi 4x4 MIMO, modulasi tinggi 256 QAM dan Carrier Aggregation (CA) frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz/900 MHz. Teknologo-teknologi tersebut sudah dipasang di 20 lokasi di seluruh Indonesia. Hanya saja saat ini belum diaktifkan karena menunggu regulasi pemerintah.

"Rencananya pemerintah akan mengeluarkan Permen akhir Mei ini," kata Gede.

Tapi XL menyadari meski jaringan 4,5 G sudah tersedia, jika tidak didukung dengan ketersediaan perangkat maka akan percuma. Karena itu anak usaha Axiata ini mengajak sejumlah vendor ponsel untuk medatangkan perangkatnya di Indonesia.

"Saat ini baru 22% pelanggan XL sudah menggunakan ponsel Cat 6 yang mendukung 4,5G," kata Gede.

"Perlu adanya kerjasama yang erat antara XL Axiata sebagai operator dengan produsen smartphones sehingga akan terbentuk ekosistem yang mendukung layanan teknologi teknologi 4.5G," pungkasnya. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..