BERITA TERBARU
Selasa, 16 Mei 2017 15:02 WIB

Ini Cara XL Akali Keterbatasan Frekuensi

Adi Fida Rahman - detikInet
I Gede Darmayusa. Foto: Adi/detikcom I Gede Darmayusa. Foto: Adi/detikcom
Jakarta - Trafik data XL Axiata terus mengalami peningkatan, tapi di satu sisi frekuensi yang dimiliki dirasa terbatas. Alhasil mereka coba putar otak agar menjaga kualitas koneksi pelanggan dengan sumber daya yang ada.

Saksikan video 20detik tentang jaringan XL 4.5G di sini:


Vice President Service Operation Management XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dihitung peningkatannya dari 21% menjadi 63% dari total pelanggan. Hal tersebut membuat trafik data mereka melonjak .

"Saat ini trafik data harian XL mencapai 3.800 terabyte. Jumlah ini menambah di akhir pekan sebesar 200 terabyte," kaya Gede saat berbicara di workshop 4,5 G di XL Xperience Zone, Jakarta, (16/5/2016).

Kondisi ini jika tidak diantisipasi imbasnya kecepatan koneksi data pelanggan akan menurun. Untuk itu XL coba menerapkan jaringan 4,5G. Mereka percaya hal tersebut dapat memaksimalkan keterbatasan yang ada.

Adapun teknologi yang digunakan meliputi 4x4 MIMO, modulasi tinggi 256 QAM dan Carrier Aggregation (CA) frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz/900 MHz. Teknologo-teknologi tersebut sudah dipasang di 20 lokasi di seluruh Indonesia. Hanya saja saat ini belum diaktifkan karena menunggu regulasi pemerintah.

"Rencananya pemerintah akan mengeluarkan Permen akhir Mei ini," kata Gede.

Tapi XL menyadari meski jaringan 4,5 G sudah tersedia, jika tidak didukung dengan ketersediaan perangkat maka akan percuma. Karena itu anak usaha Axiata ini mengajak sejumlah vendor ponsel untuk medatangkan perangkatnya di Indonesia.

"Saat ini baru 22% pelanggan XL sudah menggunakan ponsel Cat 6 yang mendukung 4,5G," kata Gede.

"Perlu adanya kerjasama yang erat antara XL Axiata sebagai operator dengan produsen smartphones sehingga akan terbentuk ekosistem yang mendukung layanan teknologi teknologi 4.5G," pungkasnya. (afr/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed