BERITA TERBARU
Jumat, 21 Apr 2017 17:07 WIB

Nokia Playbook, Bisa Jadi Contekan Anies-Sandi Bikin Smart City

Yudhianto - detikInet
Foto: detikINET/Yudhianto Foto: detikINET/Yudhianto
Jakarta - Jika pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, ingin mengembangkan Jakarta smart city, mungkin bisa menjadikan Smart City Playbook keluaran Nokia sebagai rujukan.

Implementasi smart city terbukti semakin meluas. Pasalnya Nokia baru saja mengumumkan yang namanya Smart City Playbook, yang berisi laporan mengenai strategi pengembangan smart city dari seluruh dunia.

Tapi lebih dari itu, Smart City Playbook diyakini bakal sangat berguna bagi kota-kota yang berencana menerapkan smart city. Sebab laporan-laporan yang tersimpan di dalamnya bisa dijadikan acuan untuk pengembangan smart city.

Tercatat ada 22 kota di dunia yang telah memanfaatkan smart city yang masuk dalam Smart City Playbook. Kota-kota tersebut antara lain adalah Auckland, Bangkok Barcelona, Berlin, Bogota, Bristol, Cape Town, Cleveland, Delhi, Dubai, Jeddah, Mexico City, New York, Paris, Pune, San Francisco, Sao Paulo, Shanghai, Singapura, Tokyo, Wina, dan Wuxi.

Meski ditemukan keragaman di tiap kota yang tercatat di Smart City Playbook, ditemukan tiga 'rute' utama yang dimanfaatkan masing-masing kota untuk membuat wilayahnya menjadi cerdas.

Rute pertama disebut sebagai 'jangkar', solusi smart city ini hanya menggunakan aplikasi tunggal di satu sektor, misalya untuk menangani masalah lalu lintas. Seiring waktu aplikasi ini akan ditingkatkan kemampuannya seiring kebutuhan. Kelemahannya, tiap-tiap sektor bisa menggunakan aplikasi yang berbeda-beda.

Sementara rute kedua dibilang sebagai 'platform'. Solusi yang ini dipastikan lebih tinggi posisinya dari 'jangkar' karena mampu menyodorkan kemampuan yang lebih kompleks. Kalau 'jangkar' dianggap sebagai aplikasi-aplikasi tunggal yang dipakai di beda-beda sektor dalam smart city, maka platform merupakan satu solusi yang berisi banyak aplikasi.

Keuntungannya penggunaan 'platform' adalah pengguna bisa memiliki aplikasi yang bisa bersinergi satu lama lain. Selain itu platform juga bisa memenuhi kebutuhan smart city dengan berbagai sektor di dalamnya, namun hanya dengan solusi.

Menggunakan 'platform', pengguna bisa menambah sendiri aplikasi yang dibutuhkan sesuai kebutuhan namun tanpa khawatir terjadi konflik. Karena sebanyak apapun aplikasi yang digunakan, tetap berjalan dalam satu platform.

Sedangkan rute ketiga adalah dinamai Beta Cities. Rute ini diambil ketika sebuah kota ingin menjajal lebih dari satu platform di wilayahnya. Misalnya platform yang satu untuk menangani sektor –sektor penting, sementara platform yang satunya lagi untuk sektor-sektor pendamping.

Penggunaan lebih dari satu platform memberi keuntungan sebagai perbandingan. Yang pada akhirnya dasar perbandingan tersebut bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih salah satu platform secara jangka panjang.

"Proses pengembangan smart city sangat kompleks, dan banyak strategi berbeda yang ditawarkan pasar. Tujuan kami dalam laporan yang dilakukan oleh Machinima Research ini adalah mengidentifikasi strategi yang berhasil di kota-kota tersebut," kata Danial Mausoof, Head of Marketing dan Corporate Affairs Nokia Asia Pasifik dan Jepang, di kantor Nokia, Menara Mulia, Jakarta, Jumat (21/4/2017). (yud/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.