Registrasi Prabayar 4444 bakal Dihentikan

Registrasi Prabayar 4444 bakal Dihentikan

ADVERTISEMENT

Registrasi Prabayar 4444 bakal Dihentikan

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Senin, 19 Okt 2015 22:14 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Dengan dimulainya registrasi prabayar tahap kedua terhitung 15 Desember 2015 nanti, ada beberapa perubahan tata cara yang akan dilakukan. Salah satunya soal registrasi data pribadi lewat SMS ke 4444.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan, sejak kick-off registrasi prabayar tahap kedua nanti, pelanggan tak lagi boleh meregistrasi sendiri, melainkan oleh pemilik outlet terdaftar.

"Saya berharap semua registrasinya di tempat. Jangan sampai beli kartunya di Jakarta, tapi baru diaktifkan di luar Jakarta. Saya ingin registrasi prabayar kali ini benar-benar diperhatikan," tegas menteri di sela Hackathon Merdeka 2.0 di Kaffeine, SCBD, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Registrasi prabayar ‎tahap kedua rencananya akan digeber mulai 15 Desember 2015 nanti. Agar tak lagi gagal seperti program tahap awal, sejumlah perbaikan proses ‎registrasi pun tengah didiskusikan oleh Kementerian Kominfo dan seluruh operator telekomunikasi.

"Saat aturan baru berjalan (per 15 Desember), cara lama (ke 4444) sudah tak lagi berlaku," ujar Alexander Rusli, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), saat ditemui di lain kesempatan.

Dia menjelaskan nantinya pemilik outlet (retail outlet/RO) wajib memiliki identitas (ID) yang diberikan operator. Dengan demikian, RO yang tak memiliki ID, tak dapat melakukan registrasi kepada pelanggan.

Alex yang juga Presiden Direktur & CEO Indosat, mengaku bahwa sistem teknologi informasi (IT) untuk registrasi pelanggan Indosat, sudah siap. Saat ini, Indosat memiliki 160 ribu RO yang seluruhnya telah dilengkapi ID.

"Kita semua sudah siap. Kita berjalan sebagai kesatuan industri, tak hanya Indosat saja. Kesiapannya sudah kita lakukan bersama. Persiapan sudah sejak satu setengah tahun lalu," pungkasnya.

(rou/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT