Jumat, 20 Sep 2013 07:52 WIB

Rambah iOS-Android, BlackBerry Pede Server BBM Cukup Tangguh

- detikInet
BBM hadir di iOS dan Android (rengga/detikINET) BBM hadir di iOS dan Android (rengga/detikINET)
Jakarta - Dengan dibukanya platform BlackBerry Messenger (BBM) ke iOS dan Android ini, sudah pasti trafik lalu lintas data yang lalu-lalang di server BlackBerry bakal makin padat merayap. Jika di BB OS sendiri saja BBM sering down, bagaimana nasibnya di iOS dan Android nanti?

Ketika problem itu ditanyakan kepada Khrisnadeep Baruah, Senior Director Channel Marketing BlackBerry Asia Pasifik, pria asal India ini menjawab dengan tegas bahwa hal itu sudah jauh-jauh hari dipikirkan oleh pihaknya.

Apalagi, dari data riset yang dikutip dari Canalys, diprediksi bahwa total pengguna BlackBerry, iPhone, dan Android akan mencapai 980 juta di seluruh dunia pada akhir 2013 ini. Bahkan jumlahnya bakal melonjak jadi 2,5 miliar pada 2016.

"Itu pertanyaan yang bagus. Tentu saja, kami sudah menyiapkan server untuk menambah kapasitas jumlah pengguna BBM yang bakal melonjak. Kalau tidak, kami tentu tak akan berani bilang, kami bisa bersaing dengan apps messaging lainnya," katanya di the Foundry, Jakarta, Kamis (19/2013).

Menurutnya, saat ini pengguna BlackBerry di dunia ada 72 juta unit dengan pengguna aktif BBM 60 juta. Dari 60 juta itu, 30 juta di antaranya berinteraksi lewat BBM Group. Total, ada 10 miliar pesan BBM yang lalu-lalang di server BlackBerry setiap harinya dengan penggunaan rata-rata per pengguna, 90 menit per hari.

Sementara, calon pesaingnya, Whatsapp memiliki pengguna 200 juta dengan trafik harian yang juga tak kalah banyaknya dengan BBM. Namun Khrisnadeep optimistis, BBM nantinya mampu mengungguli para pesaingnya jika melihat tingginya animo yang mendaftar untuk bisa segera menikmati BBM.
 
Artikel Terkait:
-. Serba-serbi 'BBM For Everyone'
-. Ping! BBM Resmi Sambangi Android & iOS
-. FotoINET: Mengintip Aksi BBM di Ponsel Android


(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed