Menjajal Kecepatan 4G Wimax First Media

Menjajal Kecepatan 4G Wimax First Media

- detikInet
Selasa, 29 Jun 2010 08:34 WIB
Jakarta - Teknologi generasi keempat (4G) Wimax tentu dihadirkan dengan ekspektasi tinggi dalam hal kecepatan transfer data. Lalu secepat apa kemampuan 4G Wimax besutan First Media?

DetikINET kebetulan mendapat kesempatan menjajal kemampuan Wimax Sitra, nama produk layanan Wimax dari First Media dalam acara peluncurannya di Hotel Imperial Aryaduta, Tangerang.

Dalam tester tersebut, situs yang pertama kali dijajal adalah situs sharing video YouTube. Ketika membuka sebuah video, proses download data sudah terasa bedanya, memang lebih cepat. Tak ada lagi proses menunggu data selesai diunduh. Video yang diinginkan langsung berjalan semestinya.

Hanya saja jika dicermati, perbedaan kecepatan ini tidak terlalu jomplang dengan layanan 3G yang ada saat ini. Bahkan bisa dibilang beda-beda tipis. Asalkan layanan 3G yang digunakan juga tidak sedang kembang kempis.

Alat pengukur Speedtest menunjukkan kecepatan transfer Wimax Sitra berada di kisaran angka 2-3 Mbps, baik untuk download dan upload. Kecepatan ini tidak tetap alias fluktuatif.

Dengan kemampuan mentransfer data seperti itu, jadi jangan membandingkannya dengan teknologi 4G lain -- seperti LTE -- yang bisa mentransfer data hingga 30 Mbps. Sehingga jika digunakan untuk mengunduh film berukuran 700 Mbps dengan menggunakan Wimax Sitra ini sepertinya tak bisa langsung tancap gas.

Namun untuk membuka situs sehari-hari, seperti detik.com dan Facebook bisa dilakukan dengan sekejap. Wusss.

Paket Langganan


First Media sendiri akan memasarkan Sitra Wimax secara bundling dengan modem dongle. Hal ini dilakukan karena barangnya belum tersedia di pasar.

Sementara untuk harga paket layanannya masih dirahasiakan. Pengguna diminta bersabar dalam hitungan minggu ini. Namun paket berlangganan nantinya akan ditawarkan dalam 3 kelas, yang masing-masing berbeda kecepatan yang dihasilkan.

Selain Sitra Wimax dengan jaringan nirkabel, First Media juga telah menyelenggarakan broadband dengan akses kabel melalui produk Fastnet. Pelanggan Fastnet telah berjumlah 285  ribu, dan 60% di antaranya juga berlangganan TV berbayar melalui jaringan kabel tersebut.

Layanan Wimax yang akan disediakan First Media akan membidik pengguna dari kalangan profesional, pelajar, dan masyarakat luas yang membutuhkan alternatif dalam akses internet nirkabel.


(ash/wsh)