Telkomsel Resmi Dapat Tambahan Pita 3G

Telkomsel Resmi Dapat Tambahan Pita 3G

- detikInet
Senin, 07 Sep 2009 13:52 WIB
Jakarta - Frekuensi 3G milik Telkomsel kini genap jadi 10 MHz setelah memperoleh tambahan spektrum pita 5 MHz lagi sesuai Keputusan Menkominfo No. 268/2009 tentang penetapan alokasi tambahan blok pita frekuensi radio 2,1 GHz.

Tambahan frekuensi pita lebar ini akan mendukung kelanjutan roadmap teknologi Telkomsel menuju HSPA+ (High Speed Packet Access) dengan berkemampuan unduh data (downlink) hingga 40 Mbps.

"Penambahan frekuensi ini menjadi salah satu bagian dari alokasi investasi Telkomsel tahun ini yang besarnya Rp 13 triliun," tulis Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono dalam pernyataannya kepada detikINET, Senin (7/9/2009).

Investasi besar untuk tambahan frekuensi 3G ini dilakukan Telkomsel demi mengembangkan layanan mobile broadband seluler sesuai roadmap teknologi yang diusungnya, yakni 3G, HSDPA, HSPA, dan HSPA+.

"Hal ini tentunya semakin memantapkan posisi Telkomsel sebagai service leader, baik untuk layanan voice maupun data," lanjut Herfini.

Sejak meluncurkan 3G secara komersial pada 14 September 2006, Telkomsel kini memiliki delapan juta pelanggan 3G yang dilayani oleh sekitar 4.000 node B (BTS 3G) dari Sumatera hingga Indonesia Timur.

"Sekitar 1,2 juta di antaranya merupakan pengguna Telkomsel Flash. Pengguna layanan mobile broadband ini meningkat 500% dibanding jumlah di akhir 2008 yang hanya 200 ribu," tambah Herfini.

Selain tambahan frekuensi 3G, Telkomsel juga menyiapkan bandwidth dengan kapasitas gateway internet internasional untuk menunjang mobile broadband. "Kapasitas bandwidth ini mampu melayani hingga tiga juta pelanggan Flash hingga akhir tahun."

Telkomsel kini memiliki 78 juta pelanggan seluler. Menurut proyeksi operator ini, pengguna seluler di Indonesia pada 2010 mendatang akan menembus angka 150 juta dan pengguna internet 50 juta.

"Pengguna mobile seluler dan internet broadband akan berkonvergensi menjadi mobile wireless internet broadband. Potensi pengguna mobile broadband kami perkirakan mencapai 5-6 juta di akhir 2010," tandas Herfini.


(rou/faw)