Bakrie Telecom 'Menang W.O.' di Tender SLJJ

Bakrie Telecom 'Menang W.O.' di Tender SLJJ

- detikInet
Senin, 22 Des 2008 15:45 WIB
Jakarta - Setelah pesaing utamanya -- Mobile-8 -- gugur di fase awal, Bakrie Telecom dengan mudah memenangkan tender Sambungan Telepon Jarak Jauh (SLJJ).

Kepala Humas dan Pusat Informasi Depkominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan, dasar hukum penetapan BTel sebagai pemenang tender SLJJ dituangkan lewat surat keputusan Menkominfo nomor 379/Kep/M.Kominfo/12/2008 tertanggal 16 Desember 2008.

"Hanya saja secara prosedural yang berhak mengumumkan kepada pemenang lelang adalah Ketua Seleksi yakni Dirjen Postel. Btel pun baru diberi tahu menang dari surat resmi Dirjen yang dikirimkan hari ini," ujar Gatot kepada detikINET, Senin (22/12/2008).

Jalan yang ditempuh Bakrie untuk memenangkan tender SLJJ memang kurang mendapat tantangan. Pasalnya, Mobile-8 selaku pesaing terkuat gugur karena tidak berhasil memenuhi bid bond atau uang jaminan tender sebesar Rp 5 miliar. Alhasil, BTel pun melenggang kangkung sendirian ke babak selanjutnya tanpa pesaing.

Namun, Gatot menolak jika dikatakan kemenangan Btel ini dipaksakan karena tak adanya pilihan lain. "Kemarin saya bilang saat itu (ketika Mobile 8 gugur-red.) Btel belum sepenuhnya aman. Bisa saja mereka juga gagal," tukasnya

Meski demikian, Gatot juga tak memungkiri gugurnya Mobile-8 di tengah jalan membuat tawaran BTel tak bisa dibandingkan. "Kita juga sebetulnya menginginkan real fight. Tapi jangan lupa, kita juga melakukan evaluasi, kalau ada yang tidak akurat langsung kita cut," pungkasnya.
(ash/wsh)