4 Tempat yang Dilarang Mainin HP, Catat Sekarang!

4 Tempat yang Dilarang Mainin HP, Catat Sekarang!

ADVERTISEMENT

4 Tempat yang Dilarang Mainin HP, Catat Sekarang!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 18 Jan 2023 17:37 WIB
Ilustrasi SPBU
Di lokasi ini, kamu tidak boleh memainkan HP kamu dengan alasan apapun. Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

HP sudah menjadi teman dan pendamping dalam keseharian. Ke mana-mana pasti kamu selalu mengantongi HP kesayangan agar tidak jauh dari genggaman. Tapi, tidak semua tempat memperbolehkan kamu mengakses HP apalagi memainkannya dalam kondisi aktif.

Di lokasi ini, kamu tidak boleh memainkan HP kamu dengan alasan apapun. Tempat apa saja itu? Berikut ini dirangkum detikINET dari berbagai sumber mengenai tempat yang melarang penggunaan HP.

1. Pesawat

Larangan bermain HP apalagi internetan di pesawat sudah lama digaungkan. Teorinya, sinyal seluler dapat mengganggu panduan dan sistem komunikasi. Meski begitu, ada kritikus yang mengatakan buktinya lemah dan peralatan pesawat sekarang lebih terlindung dibandingkan dengan pesawat di masa lalu, melansir One Plus.

Karena itu, sudah mulai ada maskapai yang melunak. Ada yang beberapa sudah menyediakan layanan WiFi di pesawat. Tapi tak ada salahnya untuk mengikuti aturan tidak bermain HP yang diaktifkan selama penerbangan, toh demi keamanan bersama.

2. Area tertentu rumah sakit

Cukup jelas, tidak boleh kegiatan merekam di area rumah sakit apalagi tanpa izin. Selain mengganggu ketentraman, HP juga dilarang karena adanya area-area sensitif yang tidak bisa dimasuki dengan membawa telepon genggam.


3. Bandara

Di imigrasi, dilarang betul bermain HP. Sebab, ini bisa mengganggu. Apalagi area ini cukup ketat untuk masalah keamanan. Meskipun tidak ada alasan resmi yang tersedia, banyak teori yang mengatakan bahwa itu untuk mencegah pengiriman informasi sensitif (misalnya, info paspor yang ditampilkan di layar komputer) dan untuk menggagalkan kegiatan kriminal (misalnya, untuk mencegah penyelundup memberi tahu rekan kerja yang sedang menunggu. bahwa dia ketahuan).

4. Pom bensin

Kamu pasti sudah sering dengar larangan memainkan HP selama berada di pom bensin. Ditanya soal hal tersebut, pengamat telekomunikasi, Ridwan Effendi menyatakan kepada CNBC Indonesia bahwa penggunaan di SPBU masih aman. Namun, memang masih ada kontroversi di kalangan ahli.

"Penggunaan HP di SPBU sebetulnya di kalangan ahli masih ada kontroversi. Ditinjau dari sisi radiasi sebetulnya sangat kecil," kata Ridwan kepada CNBC Indonesia.

Paling dikhawatirkan adalah radiasi yang dihasilkan dan bisa menyebabkan ionisasi dan pada akhirnya memicu percikan api. Dia juga menambahkan untuk instalasi kilang minyak dan gas, terdapat zona tertentu tidak diperbolehkan menggunakan perangkat yang dapat memicu radiasi.

"Kalau di SPBU sih Insya Allah aman," terangnya.



Simak Video "Viral Pria di Sampang Salat Berjamaah Sambil Main HP"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT