Ada 400 Ribu File Berbahaya Baru Tiap Hari, 85% untuk Windows

Ada 400 Ribu File Berbahaya Baru Tiap Hari, 85% untuk Windows

ADVERTISEMENT

Ada 400 Ribu File Berbahaya Baru Tiap Hari, 85% untuk Windows

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 08 Des 2022 06:45 WIB
Ilustrasi serangan malware.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Peredaran file berbahaya terus meningkat setiap tahunnya, dan untuk tahun 2022 ini ada 400 ribu file berbahaya baru yang menyebar setiap harinya, dan 85% di antaranya ditujukan untuk Windows.

Menurut Kaspersky, jumlah ini meningkat 5% dibanding tahun 2021, di mana jumlah file berbahaya yang menyebar tiap hari adalah 180 ribu. Selama 2022 sendiri, Kaspersky sudah menemukan 122 juta file berbahaya, naik 6 juta file dibanding tahun 2021.

Jumlah ransomware yang menyebar setiap hari pun meningkat 181% dibanding tahun 2021, menapai 9.500 file enkripsi per hari. Solusi keamanan Kaspersky juga mendeteksi pertumbuhan 142% pangsa Downloaders - program berbahaya yang menginstal versi baru malware atau aplikasi yang tidak diinginkan pada perangkat yang terinfeksi.

Windows terus menjadi target utama di antara semua platform tempat keluarga ancaman tersebar. Pada tahun 2022, pakar Kaspersky menemukan rata-rata hampir 320.000 file berbahaya menyerang perangkat Windows.

Dari semua penyebaran file berbahaya, 85% di antaranya menargetkan Windows. Namun, Windows bukan satu-satunya platform yang populer bagi penyerang. Tahun ini, sistem deteksi Kaspersky juga menemukan bahwa pangsa file berbahaya dalam format Microsoft Office yang didistribusikan setiap hari tumbuh menjadi dua kali lipat (pertumbuhan 236%).

Pada tahun 2022, pakar Kaspersky juga mengidentifikasi peningkatan 10% dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform Android setiap hari. Jadi, selain file Windows dan Office, pengguna Android juga menjadi salah satu target favorit para penyerang online.

Dua serangan paling tenar untuk Android selama 2022 adalah Harly dan Triada Trojan, yang sudah menyerang ribuan pengguna Android di seluruh dunia.

"Mengingat begitu cepatnya lanskap ancaman memperluas jangkauannya dan jumlah perangkat baru yang muncul dalam kehidupan sehari-hari pengguna, sangat mungkin tahun depan kami tidak lagi mendeteksi 400.000 file berbahaya per hari, melainkan setengah juta! Yang lebih berbahaya adalah, dengan pengembangan Malware-as-a-Service, setiap penjahat dunia maya pemula sekarang dapat menyerang perangkat tanpa pengetahuan teknis dalam pemrograman," kata Vladimir Kuskov, kepala penelitian anti-malware di Kaspersky, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Menjadi penjahat dunia maya tidak pernah semudah ini sebelumnya. Sangat penting tidak hanya untuk organisasi besar tetapi juga para pengguna biasa untuk menggunakan solusi keamanan yang andal, sehingga menghindari menjadi korban para pelaku kejahatan siber tersebut. Pakar Kaspersky, pada gilirannya, akan melakukan yang terbaik untuk melindungi dari ancaman ini dan menyelamatkan pengguna dari kerugian sehingga pengalaman online sehari-hari mereka dapat benar-benar aman," komentar Vladimir Kuskov, kepala penelitian anti-malware di Kaspersky," tambahnya.

Laporan Malware KasperskyLaporan Kaspersky Foto: Dok. Kaspersky

Tips menghindari malware untuk Windows hingga Android

  • Jangan mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya
  • Jangan mengklik tautan apa pun dari sumber yang tidak dikenal atau iklan daring yang mencurigakan
  • Membuat kata sandi yang kuat dan unik, termasuk campuran huruf kecil dan huruf besar, angka, dan tanda baca, serta aktifkan autentikasi dua faktor
  • Selalu instal pembaruan. Beberapa di antaranya mungkin berisi perbaikan masalah keamanan penting
  • Abaikan pesan yang meminta untuk menonaktifkan sistem keamanan untuk perangkat lunak kantor atau solusi keamanan siber
  • Gunakan solusi keamanan tangguh yang sesuai dengan jenis sistem dan perangkat Anda


Simak Video "Jurus Google Berantas Malware di Aplikasi Android"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT