Bye Password! Google Uji Coba Passkey untuk Android

Bye Password! Google Uji Coba Passkey untuk Android

ADVERTISEMENT

Bye Password! Google Uji Coba Passkey untuk Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 17 Okt 2022 06:10 WIB
Google Password
Bye Password! Google Uji Coba Passkey untuk Android dan Chrome Foto: Wired
Jakarta -

Pengguna Android dan Google Chrome sebentar lagi bisa mengucapkan selamat tinggal kepada password. Google saat ini sedang menguji coba passkey sebagai pengganti password yang lebih aman.

Passkey memanfaatkan sistem autentikasi yang sudah ada di ponsel atau komputer. Jadi pengguna tidak perlu lagi membuat password unik karena proses login hanya membutuhkan autentikasi dengan memindai sidik jari, wajah, atau kunci layar.

Setelah identitas berhasil diverifikasi, pengguna bisa login dengan aman ke situs dan aplikasi yang sudah mendukung passkey tanpa perlu mengandalkan password yang bisa dicuri atau digunakan berulang kali.

"Passkey adalah pengganti password dan faktor autentikasi lainnya yang mudah di-phishing yang jauh lebih aman," kata Google dalam postingan blognya seperti dikutip dari Engadget, Senin (17/10/2022).

"Passkey tidak bisa digunakan kembali, tidak bocor dalam kebocoran server dan melindungi pengguna dari serangan phishing," sambungnya.

Membuat passkey di ponsel Android akan sangat mudah. Pengguna cukup mengonfirmasi akan membuat passkey kemudian memverifikasi identitasnya menggunakan pemindaian sidik jari, wajah atau kunci layar.

Google uji coba passkey untuk Android dan ChromeGoogle uji coba passkey untuk Android dan Chrome Foto: Google

Menggunakan passkey untuk login juga sama mudahnya. Pengguna cukup mengautentikasi identitasnya lalu akan masuk ke situs atau layanan yang diinginkan.

Semua passkey yang sudah dibuat bisa disimpan dan dikelola lewat Google Password Manager. Passkey juga akan di-backup ke cloud sehingga pengguna tetap bisa mengakses passkey dan semua akunnya meski kehilangan ponselnya.

Perlu dicatat bahwa passkey bukan ciptaan Google. Ini merupakan sistem universal yang sudah didukung oleh banyak platform populer termasuk Google, Apple, dan Microsoft. Jadi pengguna akan bisa menggunakan ponsel Android untuk login ke situs di browser Safari di MacOS.

Saat ini Google masih mempersiapkan fitur passkey versi stabil untuk diluncurkan dalam waktu dekat. Saat ini passkey baru tersedia di channel beta Google Play Services dan Chrome Canary.

Google juga akan meluncurkan API passkey untuk Android pada tahun ini. Jadi pengguna bisa memilih antara menggunakan password yang sudah disimpan atau passkey untuk login ke platform yang sudah didukung.



Simak Video "1 Dekade Google Play dan Kontribusinya untuk Kemajuan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT