Mengenal Google Tensor G2, Otaknya Pixel 7

Mengenal Google Tensor G2, Otaknya Pixel 7

ADVERTISEMENT

Mengenal Google Tensor G2, Otaknya Pixel 7

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 13 Okt 2022 20:42 WIB
Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro
Foto: Google
Jakarta -

Saat merilis lini Pixel 7, Google tak menjelaskan spesifikasi Tensor G2 secara mendalam. Baru sekarang mereka memberikan penjelasan lebih lanjut soal prosesor terbaru itu.

Menurut juru bicara Google, Tensor G2 dibuat menggunakan proses 5nm, sama seperti Tensor G1 yang dipakai di Pixel 6, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (13/10/2022).

Namun sayangnya Google tak mengungkap apakah Tensor G2 ini dibuat menggunakan proses 5LPE Samsung seperti Tensor G1 atau menggunakan proses 5LPP yang lebih baru.

Namun yang jelas Tensor G2 punya delapan core yang terbagi menjadi 2 core Core-X1, 2 core Cortex A78, dan empat core A55 dengan clock speed baru, dan GPU yang dipakai adalah Mali-G710 MP07.

Proses 5nm ini sebenarnya bukan yang terbaru untuk saat ini, karena sudah ada yang memakai proses 4nm. Namun Google menjanjikan Tensor Processing Unit (TPU) baru yang dipakai punya peningkatan efisiensi daya, juga bisa menghandel kamera serta tugas machine learning 60% lebih kencang dibanding TPU yang ada di Tensor G1.

Namun yang jelas Tensor G2 ini masih menganut 'nilai' yang sama seperti Tensor G1. Yaitu sama-sama tidak mengejar skor benchmark, karena skor benchmark keduanya memang tertinggal dari SoC lain dari generasi yang sama.

Dari bocoran skor benchmark yang sudah beredar, Tensor G2 ini punya skor yang mirip dengan Snapdragon 888 keluaran dua tahun lalu. Bahkan skor single core di Geekbench-nya pun hanya unggul tipis dari Tensor G1.

Di Geekbench single core, Tensor G2 mendapat skor 1068 dan multicore 3149. Sementara di AnTuTu v9 skornya adalah 801116.

Sejak merilis Tensor G1 untuk Pixel 6, Google memang lebih mengedepankan chip yang bisa memberikan pengalaman pengguna terbaik untuk penggunanya, baik dari segi pengolahan gambar dari kamera, machine learning, serta keamanan.

[Gambas:Youtube]



(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT