Awas! Aplikasi YoWhatsApp Bisa Curi Akun Pengguna WhatsApp

Awas! Aplikasi YoWhatsApp Bisa Curi Akun Pengguna WhatsApp

ADVERTISEMENT

Awas! Aplikasi YoWhatsApp Bisa Curi Akun Pengguna WhatsApp

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 13 Okt 2022 22:36 WIB
Ilustrasi Whatsapp Bisnis.
Awas! Aplikasi YoWhatsApp Bisa Curi Akun Pengguna WhatsApp (Foto: Alexander Shatov/Unsplash)
Jakarta -

Lagi-lagi aplikasi WhatsApp mod tidak resmi ketahuan membobol akun pengguna. Kali ini ada YoWhatsApp yang disusupi trojan yang bisa mencuri kunci akses akun pengguna WhatsApp.

YoWhatsApp merupakan aplikasi messenger yang memiliki izin akses sama seperti aplikasi WhatsApp resmi. Bedanya, YoWhatsApp menjanjikan beberapa fitur yang tidak ada di aplikasi WhatsApp resmi seperti kustomisasi tampilan, blokir chat individual, dan lain-lain.

Tapi peneliti keamanan dari Kaspersky menemukan aplikasi YoWhatsApp terbaru versi 2.22.11.75 mencuri kunci akses pengguna WhatsApp, yang memungkinkan aktor tidak bertanggung jawab untuk mengambil alih akun pengguna.

Kaspersky melaporkan aplikasi YoWhatsApp sudah disusupi oleh Trojan Triada sejak tahun lalu. Perusahaan antivirus itu melaporkan YoWhatsApp mengirimkan kunci akses WhatsApp milik pengguna ke remote server developer.

Kaspersky mengatakan kunci ini dapat digunakan di open-source utilities untuk menghubungkan dan melakukan tindakan sebagai pengguna tanpa klien yang sebenarnya.

Kaspersky tidak mengungkap apakah kunci akses yang dicuri oleh trojan ini sudah disalahgunakan. Tapi kunci ini bisa dimanfaatkan hacker untuk mengambil alih akun, mengungkap komunikasi sensitif dengan kontak pribadi, dan meniru identitas pengguna ke kontak terdekat.

Sama seperti aplikasi WhatsApp asli, YoWhatsApp juga meminta izin akses, termasuk akses SMS, yang juga diberikan kepada Trojan Triada. Kaspersky mengatakan trojan tersebut bisa menyalahgunakan izin akses untuk mendaftarkan korban ke layanan SMS berlangganan tanpa sepengetahuan mereka.

Trojan Triada juga bisa menggunakan kunci ini untuk mengirimkan pesan spam berbahaya ke kontak yang ada di akun WhatsApp yang dicuri. Jadi mereka juga mengincar teman dan keluarga korban.

Aplikasi YoWhatsApp sendiri banyak ditemukan di toko aplikasi pihak ketiga di luar Google Play Store. Aplikasi mod ini juga sering dipromosikan lewat iklan di aplikasi lain, termasuk Snaptube dan VidMate, seperti dikutip dari Bleeping Computer, Kamis (13/10/2022).

Meski tidak semua aplikasi WhatsApp mod berbahaya, sebaiknya hindari aplikasi seperti ini jika kalian ingin meminimalisir risiko terinfeksi malware berbahaya. Apalagi aplikasi YoWhatsApp tidak tersedia lewat jalur resmi seperti Google Play Store sehingga keamanannya tidak terjamin.

Meta selaku induk WhatsApp belum lama ini juga menggugat beberapa perusahaan China yang merilis aplikasi HeyMods, Highlight Mobi, dan Hey WhatsApp. Ketiga aplikasi ini ketahuan mencuri jutaan akun WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp Down, Netizen Ramai-ramai Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT