Forum Breached Jadi Ikutan Repot Akibat Bjorka

ADVERTISEMENT

Forum Breached Jadi Ikutan Repot Akibat Bjorka

Tim - detikInet
Kamis, 22 Sep 2022 14:53 WIB
Bjorka Dicari Aparat Hukum Indonesia
Foto: detikcom
Jakarta -

Fenomena Bjorka yang membuat heboh Indonesia berdampak pada sejumlah hal, salah satunya Breached Forums yang kebanjiran pengguna dari Indonesia. Breached adalah forum tempat pelaku menjual data yang mereka bobol.

Namun sayangnya, banyak dari pengguna asal Indonesia ini tak mengikuti etika penggunaan forum tersebut. Sampai-sampai admin Breach Forums harus membuat thread khusus berbahasa Indonesia untuk menjelaskan etika berkomunikasi yang harus diikuti.

Thread tersebut berjudul, "Pesan untuk semua pengguna di Indonesia. | A message to our users from Indonesia". Judulnya ditulis dalam dua bahasa, begitu juga dengan isi postingannya.

"Jika Anda sekarang berada di forum ini, kemungkinan besar Anda berada di forum ini karena Bjorka yang akhir-akhir ini didengungkan di media massa," tulis [Admin] Baphomet dalam postingan tersebut.

Lebih lanjut, ia menyebut jika ada yang ingin menghubungi Bjorka, bisa menggunakan fitur pesan pribadi dan bukan menghubungi staf ataupun bertanya ke pengguna lain. Pelanggaran terhadap aturan ini bisa berujung pada hukuman blokir.

Namun menurutnya bukan aturan itu yang paling penting saat ini, melainkan kesadaran bahwa forum Breached ini adalah forum berbahasa Inggris. Jadi pengguna diwajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi di Breached Forums.

"Saat Anda berada di sini, Anda harus menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan pengguna lainnya, baik di official chats, Discord, Telegram, dan lainnya. Jika Anda merasa kesulitan berbahasa Inggris, Anda dapat menggunakan translator terpercaya (Goggle Translate, DeepL, dll)," tambahnya.

Pelanggaran terhadap aturan ini juga akan berujung pada hukuman blokir. Admin pun membeberkan sejumlah aturan lain yang harus dipenuhi, yang sebenarnya merupakan aturan standar penggunaan bermacam forum lain di internet, dari mulai tidak melakukan spam sampai memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari topik atau konten.

Selain thread dari admin, ada juga thread dari pengguna lain yang curhat terkait drama Bjorka di Indonesia ini. Thread dari pengguna bernama Lavi itu menyebut kalau ia dan banyak anggota forum Breached sudah lelah melihat 'kerusuhan' dari pengguna forum baru asal Indonesia yang menyebar spam dan melanggar berbagai aturan forum.

Bahkan, pihak Breached Forums sampai harus mematikan sementara fitur pendaftaran anggota baru untuk menghadapi masalah ini. Lebih lanjut ia menyebut tidak mendukung hal yang dilakukan Bjorka karena hal tersebut malah membuatnya susah.

"We Member of Breached.to don't support or condone for what @Bjorka done, in fact we got hard time because his/her game with Indonesian governments, we are forced to temporary disable registration for new member because of this and battling everyday with spammer," tulisnya.



Simak Video "Hacker Bjorka Bersuara soal Penangkapan Pemuda Madiun Diduga Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT