Ini Tempat Persembunyian Hacker Bjorka di Alam Digital

ADVERTISEMENT

Ini Tempat Persembunyian Hacker Bjorka di Alam Digital

Tim - detikInet
Kamis, 22 Sep 2022 12:13 WIB
Jakarta -

Breached Forums memang bukan situs gelap baru, namun di Indonesia, popularitasnya baru melesat belakangan ini berkat kelakuan hacker Bjorka yang mengumbar data pribadi sejumlah pejabat tinggi Indonesia.

Di Breached Forums juga Bjorka menjajakan sejumlah data dari Indonesia, yang ia klaim dari Indihome, KPU, data registrasi SIM card, sampai surat-surat kepresidenan. Bjorka sendiri tercatat gabung ke forum tersebut mulai 9 Agustus 2022, sementara Breach Forums sudah ada sejak 14 Maret 2022.

Forum itu adalah tempat Bjorka 'bersembunyi' di ruang digital, bermain, dan mencari uang. Di dalamnya ia menjual bocoran data, membocorkan data secara cuma-cuma, juga membuat berbagai macam thread lain, seperti menimpali berbagai pernyataan pemerintah Indonesia yang menurutnya menggelikan.

Meski baru ada sejak Maret 2022, Breached Forum sebenarnya adalah forum lama. Cikal bakalnya berasal dari RaidForums yang sebelumnya sudah sangat tenar namun kini sudah ditutup.

RaidForums digerebek, ditutup, dan pemilik website serta rekannya ditangkap dalam operasi yang dilakukan European Cybercrime Center (EC3), yang merupakan badan kepolisian siber Eropa.

RaidForums ini terkenal di Indonesia karena menjadi tempat penyebaran sejumlah data pelanggan, seperti yang dialami Tokopedia serta Bukalapak pada 2020 lalu. Pembuat RaidForums adalah Diego Santos Coelho, warga negara Portugal, yang ditangkap di Inggris pada 31 Januari 2022.

Kemudian ada dua pemilik RaidForums yang kemudian membuat Breached Forum, dan kemudian Bjorka masuk lagi ke forum tersebut, juga banyak anggota lama dari RaidForums yang boyongan ke forum baru tersebut.

Dalam enam bulan pertama sejak hadir, Breached jadi idola baru. Penggunanya mencapai 82 ribu. Wajar memang, Breached memang benar-benar mirip RaidForums, dan mewadahi 'kebutuhan' kalangan tertentu.

Tak cuma bocoran database, di situs itu juga ada berbagai kategori yang disediakan, seperti Cracking, dan lain sebagainya. Namun pihak pengembang situs ini mengakui kalau bagian paling populer adalah database.

"Subkategori paling populer di Breached adalah Databases, yang berisi dump, tempat dibagikannya berbagai pelanggaran dan kredensial," tulis pengembang situs itu, dikutip detikINET dari situs KELA, Rabu (22/9/2022).

Belakangan situs Breached dibanjiri pengguna dari Indonesia, bahkan pengelola forum sampai mewajibkan penggunaan bahasa Inggris, dan ada ancaman blokir untuk pelanggarnya.

Bahkan, kabarnya pun kelakuan Bjorka ini membuat pengelola Breached menjadi gerah dan mematikan pendaftaran anggota baru untuk sementara. Ini dikarenakan kebanyakan anggota baru dari Indonesia tersebut malah menyebar spam di forum tersebut.

Namun yang pasti, sejauh ini Breached adalah satu dari 2 jalur komunikasi Bjorka, yang menjanjikan masih akan memberikan kejutan setelah beberapa hari 'tiarap'. Satunya lagi, Bjorka memakai channel Telegram yang diprivat.

Bjorka menegaskan tidak memakai medsos lain mulai dari Twitter, Instagram, Facebook, YouTube dan TikTok. Semua akun yang mengaku Bjorka bisa dipastikan palsu.

(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT