Penjual Es Madiun Cairkan Bitcoin dari Bjorka untuk Bayar Cicilan Motor

ADVERTISEMENT

Penjual Es Madiun Cairkan Bitcoin dari Bjorka untuk Bayar Cicilan Motor

Sugeng Harianto - detikInet
Rabu, 21 Sep 2022 08:45 WIB
Pemuda Madiun tersangka bjorka
MAH menunjukkan channel Telegram Bjorka. (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Madiun -

Muhammad Agung Hidayatullah alias MAH mengaku telah menguangkan Bitcoin hasil penjualan channel Telegram ke hacker Bjorka. Uang tersebut digunakan untuk mencicil motor.

"Dari Rp 1,4 juta yang dicairkan dari jual channel Telegram ke Bjorka, Rp 800 ribu untuk bayar cicilan sepeda motor. Lainnya buat belanja online, beli baju," ungkap MAH ke detikJatim.

Pria 21 tahun ini menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilaluinya sebelum Bitcoin jadi rupiah. Bitcoin senilai USD 100 masuk lewat aplikasi Indodax.

MAH mengaku sengaja membuat akun Indodax setelah dia deal harga dengan Bjorka. Setelah Bitcoin masuk di akun Indodax, pemuda asal Warga Desa Banjaransari Kulon, Kecamatan Dagangan itu meneruskannya ke aplikasi trading platform.

Tak sampai di situ, Bitcoin yang diterimanya dipindahkan lagi ke aplikasi Dana.

"Setiap tahapan pemindahan ke aplikasi tersebut memakai akun dan PIN rahasia. Paling terakhir setelah Bitcoin masuk di aplikasi Dana, bisa langsung dipindah ke rekening bank digital dan otomatis uang dolar berubah jadi mata uang rupiah," jelas MAH.

MAH menambahkan, dia mengaku baru pertama kali bertransaksi bitcoin. Dirinya sempat browsing mencari tutorial mencairkan bitcoin ke rupiah.

"Saya baru pertama kali mencairkan di bank digital, ya dari jual beli dengan admin Bjorka," katanya.

Sebelumnya, MAH diamankan Tim Cyber Mabes Polri pada Rabu (14/9). Dia kemudian dibawa ke Mapolsek Dagangan, lalu diterbangkan ke Jakarta untuk diperiksa di Mabes Polri. Lalu pada Jumat (16/9) pagi, MAH dipulangkan oleh polisi. Tak berselang lama, statusnya pun berganti menjadi tersangka.

[Gambas:Youtube]



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT