Komunikasi Bjorka dan Penjual Es Madiun Terungkap

ADVERTISEMENT

Round Up

Komunikasi Bjorka dan Penjual Es Madiun Terungkap

Tim - detikInet
Senin, 19 Sep 2022 07:22 WIB
6 Hal Diketahui soal Pemuda Madiun Jadi Tersangka Bantu Bjorka
Komunikasi Bjorka dan Penjual Es Madiun Terungkap (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Jakarta -

Hacker Bjorka bilang polisi salah tangkap terkait penjual es di Madiun. Namun kini cara komunikasi keduanya terungkap.

Ada sejumlah perkembangan baru terkait kasus hacker Bjorka dan pemuda bernama Muhammad Agung Hidayatulloh alias MAH (21) sepanjang Minggu (18/9). Inilah rangkumannya dihimpun detikINET, Senin (19/9/2022).

1. Pengakuan awal penjual es Madiun

Muhammad Agung Hidayatullah alias MAH, warga Desa Banjarsari Kulo, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, blak-blakan usai diamankan pihak kepolisian pada Rabu (14/9) pukul 18.30 WIB. Dia mengaku membantu hacker Bjorka.

MAH mengaku telah menjual channel Telegram pribadinya ke admin Bjorka. Channel yang dijual bernama @Bjorkanism seharga USD 100 dalam bentuk Bitcoin.

MAH mengungkap alasan kenapa dirinya menjual channel Telegram @Bjorkanism kepada Bjorka. Tidak lain karena ekonomi, dia ingin membantu orang tuanya yang terhimpit masalah ekonomi.

Agung bercerita, polisi menyita ponsel miliknya yang baru dibeli dengan uang hasil penjualan ponsel lama. Polisi juga menunjukkan ponselnya yang lama sebagai barang bukti.

MAH meminta maaf atas perbuatannya telah menjual channel Telegram ke admin Bjorka. MAH mengaku, awalnya hanya iseng bermain media sosial.

2. Cara komunikasi antara Bjorka dan MAH

Akhirnya MAH mengungkap bagaimana cara dia berkomunikasi dengan hacker Bjorka selama ini. Kepada detikJatim, MAH menceritakan, sebelum mengenal hacker Bjorka, ia lebih dahulu menggunakan aplikasi percakapan Telegram sejak 2017.

Pemuda Madiun ini mengaku sudah menggunakan telegram sejak tahun 2017. Saat nama hacker Bjorka mulai mencuat, ia kemudian masuk ke grup Bjorka yang linknya ada di web breached.to.

Dia lalu iseng membuat channel @bjorkanism sejak 8 September 2022, memposting konten untuk pertama kali pada 10 September 2022 dan memperoleh 60 ribu pengikut. Lalu Bjorka bertanya di grup dan mencari pemilik @bjorkanism.

"Kemudian saya DM, ngobrol jika channel saya mau dibeli seharga US 100 dolar namun dalam bentuk bitcoin," tuturnya.

Tawaran pembelian channel telegram pribadinya oleh Bjorka, membuat senang MAH dan langsung disepakati. Karena, baik MAH dan keluarganya tengah butuh uang untuk kebutuhan sehari-hari. Namun kini MAH berurusan dengan hukum.

Halaman selanjutnya: Smartphone untuk bantu Bjorka >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT