Ciri-ciri HP Di-hack atau Disadap Hacker

ADVERTISEMENT

Ciri-ciri HP Di-hack atau Disadap Hacker

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 17 Sep 2022 21:00 WIB
Ilustrasi Main HP
Ciri-ciri HP Di-hack atau Disadap Hacker. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Ciri-ciri HP disadap atau diretas oleh seorang hacker ternyata bisa dipantau oleh setiap orang. Sebab, tanda-tanda HP di-hack terkadang sering terlihat dari beberapa aktivitas mencurigakan di ponsel.

Apalagi belakangan, aksi hacker sedang marak-maraknya. Keamanan data pun menjadi hal yang patut dijaga di era digital.

Berikut ini adalah ciri-ciri HP di-hack atau diretas yang bisa kamu waspadai. Dirangkum detikINET dari Techlicious, apa saja tanda-tanda HP dibajak?

1. Baterai HP cepat habis

Ini bisa terjadi karena hacker sedang menggunakan HP yang sudah ia retas diam-diam. Bisa saja ada aktivitas yang tidak kamu sadari dan dilakukan oleh hacker. Perangkat bisa terkuras habis baterainya karena pelaku perlu mengirim informasi yang ada di HP ke server pelaku kriminal.

2. Kuota internet yang terpakai tinggi

Penggunaan internet yang tinggi bisa saja terjadi karena ada malware atau aplikasi mata-mata (spy app) yang terus berjalan untuk mengirim informasi pengguna ke server lain.

3. HP ngelag dan mudah panas

Performa HP yang tiba-tiba turun dan mudah panas bisa dikarenakan HP yang disadap membebani sumber daya. Bisa juga karena aplikasi yang sedang dijalankan hacker diam-diam bertabrakan (crash) dengan aplikasi lainnya.

4. Iklan popup yang aneh

Memang sekarang, sudah ada iklan pintar yang bisa menyesuaikan minat pengguna HP. Akan tetapi, jika iklan muncul tiba-tiba dan mengganggu, kemungkinan HP sudah disusupi adware. Adware adalah bentuk malware yang memanen klik dan uang dari korban.

5. Ada SMS dan panggilan mencurigakan

Jika kamu menyadari ada SMS atau panggilan yang tidak kamu lakukan, kamu harus waspada. Sebab, hacker bisa saja membebani panggilan atau pesan dengan memotong pulsa pemilik HP.

6. Suara bising saat telepon

Jika kamu menyadari ada suara bising di telepon, sementara kamu jauh dari tempat berisik, hati-hati. Ada kemungkinan hacker sedang menyadap ponsel sehingga pembicaraan kamu dan orang lain di seberang terekam hacker.

7. Pulsa cepat habis

Ada beberapa kemungkinan pulsa HP cepat habis, salah satunya adalah adanya aplikasi susupan hacker yang memang dipakai untuk menyedot pulsa.

Apakah ada salah satu atau lebih dari tanda-tanda di atas? Waspada ya, detikers, bisa jadi hacker sudah masuk ke HP kamu.



Simak Video "Pelaku Perjalanan Traveling Meningkat Pesat "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT