Jangan Lengah! Amankan Transaksi Online dengan 5 Langkah Ini

ADVERTISEMENT

Jangan Lengah! Amankan Transaksi Online dengan 5 Langkah Ini

Angga Laraspati - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 20:48 WIB
Transaksi online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari, salah satunya dalam melakukan transaksi atau pembayaran. Kini tak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi, karena semua bisa dilakukan secara online.

Meski memudahkan, transaksi online juga memiliki risiko, apalagi jika dilakukan tanpa mengambil langkah pengamanan terlebih dahulu. Kebocoran data, bahaya hacker hingga pencurian data pribadi bisa saja terjadi jika tidak berhati-hati sebelum melakukan transaksi.

Lalu, bagaimana cara mengamankan transaksi online? Berikut ini adalah beberapa caranya yang dilansir dari berbagai sumber.

Hindari Transaksi di Situs yang Tidak Kredibel

Untuk menjaga transaksi tetap aman dari penipuan dalam bertransaksi online, disarankan agar tidak melakukan pembelian online dari situs yang kredibel. Cara praktis untuk mengetahui situs yang kredibel atau tidak bisa dilihat di tautan dari situs tersebut.

Sebuah situs yang aman dan kredibel biasanya terdapat tanda kunci di sebelah kiri alamat situs. Selain itu, ada juga tulisan 'https://' berwarna hijau yang menandakan bahwa situs tersebut dapat dibuka karena koneksinya aman.

Gunakan Password & Kode PIN yang Unik

Ketika melakukan transaksi tentu akan ada konfirmasi PIN terlebih dahulu untuk memastikan pembelian tersebut benar-benar dilakukan oleh akun yang asli. Apalagi bila transaksi dilakukan dengan kartu kredit maupun debit, sangat kredensial untuk memasukkan PIN terlebih dahulu.

Untuk menjamin keamanan transaksi, cobalah untuk membuat PIN yang kompleks tetapi mudah diingat oleh pengguna. Hindari menggunakan PIN dari tanggal lahir, nama orang tua, atau informasi lainnya yang mudah ditebak. Agar lebih aman, sertakan juga autentikasi beberapa langkah.

Jangan Gunakan Public Wi-Fi

Meski mudah dan praktis, tapi kehadiran WiFi publik akan sangat berbahaya ketika melakukan sebuah transaksi online. WiFi publik yang ditawarkan di berbagai fasilitas umum maupun kafe kadang mengundang penyusup di dunia maya.

Menurut sebuah studi tahun 2018 dari One World Identity, 81% orang masih terhubung ke WiFi publik gratis. Tentu dari banyaknya orang yang menggunakan WiFi publik, ada penjahat dunia maya yang bisa mengintai lewat koneksi yang sama, dan dapat memperoleh akses ke informasi pribadi seseorang.

Log-out dari Situs E-commerce

Setelah belanja online, ingatlah untuk selalu log-out di situs e-commerce meskipun masuk di perangkat milik sendiri. Apalagi, jika belanja menggunakan perangkat umum atau orang lain, jangan lupa untuk melakukan langkah ini.

Hal ini dilakukan agar akun yang dimiliki tidak menjadi sasaran empuk peretasan orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan pernah juga untuk membagikan PIN, kata sandi akun e-commerce apalagi nomor OTP untuk autentikasi akun.

Gunakan Fitur Keamanan Tambahan

Biasanya situs-situs e-commerce memiliki beberapa fitur keamanan berlapis untuk menjaga informasi penggunanya. Salah satunya Two-Factor Authentication yaitu sebuah fitur keamanan yang mengamankan akun dari peretasan.

Keamanan ini melakukan verifikasi dengan memanfaatkan nomor telepon pengguna karena sifatnya yang lebih pribadi. Biasanya fitur ini akan mengirimkan beberapa nomor acak yang diberikan lewat nomor pribadi tersebut dan hanya diterima oleh pemilik nomor.

Smartphone OPPOSmartphone OPPO Foto: dok. OPPO Indonesia

Seiring kemajuan teknologi, kini beberapa perangkat seperti ponsel sudah dilengkapi dengan fitur keamanan sendiri. Seperti ponsel dari OPPO yang sudah menyematkan fitur keamanan lewat sistem terbarunya ColorOS 12 maupun ColorOS 13.

Fitur keamanan ini dapat dinikmati pengguna OPPO berbasis ColorOS 12 seperti seri OPPO Reno8. OPPO juga akan meningkatkan beberapa lini perangkatnya untuk semakin terlindungi dengan beberapa peningkatan fitur keamanan pada Android 13 melalui ColorOS 13 Beta.

OPPO Reno8 SeriesOPPO Reno8 Series Foto: dok. OPPO Indonesia


Beberapa perangkat seperti Find X5 Pro 5G sudah dapat menikmati fitur keamanan ini sejak pertengahan Agustus. Sementara, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September, disusul dengan OPPO Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup OPPO Reno8 Z 5G dan OPPO Reno8 pada bulan Desember 2022.



Simak Video "BMKG Bentuk Tim Keamanan Siber CSIRT"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT