Bjorka Sebar Data Mendagri Tito Karnavian

ADVERTISEMENT

Bjorka Sebar Data Mendagri Tito Karnavian

Tim - detikInet
Senin, 12 Sep 2022 13:44 WIB
Dunia internet tengah dihebohkan dengan kemunculan Bjorka, hacker yang diduga meretas situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Foto: dok. ITPro
Jakarta -

Hacker Bjorka masih terus beraksi menyebarkan data-data pribadi pejabat tinggi di Indonesia. Kali ini korbannya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Tampaknya penyebaran data Tito ini terkait dengan cuitan Bjorka sebelumnya, yang membantah kalau aksinya ini adalah pengalihan isu kasus Ferdy Sambo.

"Jika ada yang berpikir saya di sini untuk mengalihkan kasus Sambo, saya bahkan tidak tahu dia siapa. Tapi saya akan bantu supaya @ListyoSigitP mendengar desakan kalian," kata Bjorka dalam cuitannya di Twitter.

Data pribadi Tito ini disebarkan lewat grup Telegramnya, dan Bjorka menulis Sambo adalah 'orangnya' Tito. Tito sendiri seperti diketahui adalah mantan Kapolri yang menjabat dari tahun 2016 sampai 2019. Setelah itu barulah ia dilantik menjadi Mendagri pada Oktober 2019.

"Anda bisa bertanya soal Sambo ke dia. Karena Sambo adalah orangnya," tulisnya.

Data Tito yang dibocorkan ini sama seperti data sejumlah pejabat tinggi Indonesia sebelumnya. Yaitu berisi nama, NIK, nomor telepon, alamat email, sertifikat vaksin, dan lainnya.

Sebelum ini, Bjorka pun mencolek sekaligus menyindir Menkominfo Johnny G. Plate yang mengganti nomor teleponnya setelah disebarkan ke publik. Johnny mengganti nomornya ke nomor telepon Amerika yang diawali dengan kode +1.

"Kenapa Anda ganti nomor telepon ke nomor telepon AS pak @PlateJohnny? Apa betul nomor Indonesia tidak aman lagi digunakan," sindir Bjorka.

Sosok Bjorka saat ini masih misterius identitasnya, setelah ia diduga menyebarkan berbagai data pribadi masyarakat Indonesia dari berbagai sumber. Termasuk data registrasi SIM card prabayar, dokumen rahasia Presiden RI Joko Widodo, dan lain sebagainya.

Terakhir, Bjorka juga mengatakan siapa otak pembunuhan aktivis Munir pada 2004 silam. Ia pun mengaku tengah menyiapkan data MyPertamina untuk disebarkan ke publik.



Simak Video "Hacker Bjorka Bersuara soal Penangkapan Pemuda Madiun Diduga Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT