Menkominfo Johnny G Plate Vs Bjorka, Fakta Sejauh Ini

ADVERTISEMENT

Round Up

Menkominfo Johnny G Plate Vs Bjorka, Fakta Sejauh Ini

Tim - detikInet
Minggu, 11 Sep 2022 09:45 WIB
Menkominfo memberikan keterangan pes terkait pencabutan akses 15 sistem elektronik. Setelah diverifikasi ternyata platform tersebut adalah judi online.
Menkominfo Johnny G Plate Vs Bjorka, Fakta Sejauh Ini (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Aksi hacker Bjorka membocorkan data di Indonesia menjadi semakin personal. Menkominfo Johnny G Plate jadi target khusus. Inilah faktanya sejauh ini.

Sepanjang Sabtu (10/9) Menkominfo tampaknya menjadi target khusus dari Bjorka. Sejumlah aksi yang dia lakukan mengundang reaksi netizen Indonesia yang menghebohkan. Masyarakat terbelah antara pro dan kontra terhadap Bjorka.

Inilah rentetan aksi terbarunya, seperti dihimpun Minggu (11/9/2022).

1. Bjorka doxing Menkominfo Johnny G Plate

Hacker Bjorka berulah dengan melakukan tindakan doxing terhadap Menkominfo Johnny G Plate. Dia menyebar data pribadi Menkominfo berupa nama, NIK, nomor telepon, KK, nomor vaksin, alamat, dll.

"Happy birthday," ejek Bjorka di grup Telegram, Bjorkanism.

Doxing berasal dari kata bahasa Inggris yang berasal dari kata document dan biasa disingkat menjadi dox. Doxing adalah tindakan mempublikasikan data atau informasi pribadi seseorang tanpa izin melalui internet.

Seseorang menemukan lalu membagikan informasi pribadi ini dan dipakai untuk melecehkan, mengintimidasi, atau mengorbankan orang lain melalui internet. Tindakan doxing ini termasuk pelanggaran privasi karena membagikan data pribadi orang lain.

2. Motif Bjorka doxing Menkominfo dan bocorkan dokumen Presiden RI

Sebelum melakukan doxing terhadap Menkominfo, Bjorka juga mengklaim telah membocorkan dokumen rahasia Presiden RI. Netizen terbelah, ada yang mendukung Bjorka dan menantikan pembocoran data selanjutnya dari hacker ini, dan banyak yang tak setuju dengan aksinya karena merugikan masyarakat sendiri dan sudah keterlaluan.

Masyarakat bertanya-tanya apa motif Bjorka membocorkan data. Terkait hal ini, percakapan di BreachForums menyiratkan ia sengaja melakukannya, terutama di akhir pekan demi membuat Pemerintah begadang dan tidak libur akhir pekan.

"Yeah that's my goal so they can't have a vacation on the weekend," kata Bjorka menjawab netizen.

Terkait klaimnya yang telah membocorkan dokumen rahasia Presiden RI, juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, menepis kabar tersebut. Ia mengatakan tidak ada dokumen atau surat-surat dari BIN untuk Presiden RI yang telah bocor.

Wawan menyatakan kabar dokumen BIN dibobol hingga diposting di forum internet adalah hoax. Dia mengatakan penanganan dokumen BIN dilakukan agar tetap aman dan menegaskan surat untuk Presiden juga diberi pengaman khusus.

Halaman selanjutnya: Daftar aksi Bjorka >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT