3 Hal yang Bikin Akun Bank Anda Bisa Diintip Hacker

3 Hal yang Bikin Akun Bank Anda Bisa Diintip Hacker

ADVERTISEMENT

3 Hal yang Bikin Akun Bank Anda Bisa Diintip Hacker

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 07 Sep 2022 22:38 WIB
many mockup credit card above white tablet keyboard on an office wooden table top view
3 Hal yang Bikin Akun Bank Bisa Dilirik Hacker. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natakorn Ruangrit
Jakarta -

Smartphone atau HP kita menjadi tempat yang menyimpan begitu banyak informasi, bahkan lebih-lebih dari yang ada di dalam dompet. Perbankan juga sudah bisa diakses melalui HP sehingga memudahkan segala aktivitas. Tapi, jangan lalai dalam menjaga keamanan akun kamu.

Hati-hati, jika kamu sembarangan, akun bank kamu bisa dalam ancaman hacker. Setidaknya, hindari melakukan tiga hal ini untuk mengamankan akun bank sebagaimana dilansir Hacked, Rabu (7/9/2022).

1. Akses akun perbankan dengan internet publik

Jangan masa bodoh dengan mengakses akun bank menggunakan internet publik. Sebabnya, hacker akan lebih mudah melakukan peretasan ketika ia berada di satu jaringan yang sama dengan calon korban. Hindari buka m-banking dengan WiFi publik.

2. Klik phishing scam

Sudah semakin canggih email-email penipuan di era sekarang. Bahkan, jika tidak hati-hati, emailnya bisa hampir mirip dengan akun resmi sebuah perusahaan. Karena itu, baca berulang dan amati ketika menerima sebuah email. Cari tahu dulu siapa pengirimnya dan jangan asal klik link yang ditautkan.

3. Duplikat kartu

Ada cara yang disebut skimmer yakni menyalin kartu. Orang tidak bertanggung jawab bisa dengan licik meletakkan perangkat yang ditanam di ATM, pompa bensin, atau tempat penjualan apa pun yang melibatkan penggesekan kartu. Perangkat itu bisa merekam informasi pada pita magnetik kartu yang berisi nama, nomor kartu kredit, dan tanggal kedaluwarsa kartu.

Seringkali, pencuri ini akan menggunakan data tersebut untuk melakukan transaksi melalui telepon atau internet. Terkadang mereka akan mentransfer data untuk membuat kartu palsu di negara lain. Di lain waktu, mereka dapat mengambil langkah lebih jauh untuk mengatur pencurian identitas.

Lebih buruk lagi, beberapa pencuri bahkan memasang kamera kecil atau papan tombol palsu untuk mencuri PIN, yang memungkinkan mereka menguras rekening bank milik kamu.

Karena itu, selalu perhatikan penggunaan kartu di mana pun kamu berada, terlebih di tempat-tempat baru. Jika ada hal yang mencurigakan, lebih baik tinggalkan dan cari jalan lain yang lebih aman.



Simak Video "Penjualan Smartphone Global Alami Penurunan di Q3 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT