Awas! Pakai Google Drive Unlimited Ada Bahayanya

ADVERTISEMENT

Awas! Pakai Google Drive Unlimited Ada Bahayanya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 06 Agu 2022 07:40 WIB
Google Drive Unlimited
Bahaya Google Drive Unlimited. Foto: Dok. Vaksincom
Jakarta -

Kini banyak tawaran Google Drive Unlimited yang katanya bisa dinikmati seumur hidup. Di e-commerce luar negeri seperti eBay bahkan di dalam negeri juga ada yang menjual dengan harga tidak masuk akal.

Padahal, bahaya Google Drive Unlimited cukup besar. Bahkan, ada ancaman data-data yang hilang, seperti yang pernah dijelaskan oleh Alfons Tanujaya pengamat keamanan siber Vaksincom kepada detikINET. Ternyata, yang dijual adalah Team Drive.

"Vaksincom melakukan investigasi dan menemukan fakta bahwa Team Drive bahkan bisa didapatkan secara gratis dan memang benar kuotanya tidak terbatas karena kuota penggunaan Team Drive tidak memotong kuota Google Drive," jabarnya.

Namun yang menjadi masalah adalah Team Drive tidak boleh dibagikan kepada pengguna di luar organisasi dan hanya boleh dipergunakan untuk kepentingan internal organisasi yang dikelola administrator Team Drive.

"Dan menurut pengetesan Vaksincom, memang penggunaan ruang cloud di Team Drive tidak memakan kuota Google Drive dan kuota unlimited memang benar. Namun pelanggaran TOS Term of Service sangat berpotensi membuat akun Team Drive di nonaktifkan oleh Google dan berakibat semua data yang disimpan oleh semua anggota Team Drive akan hilang selamanya dan tidak dapat di-recover," sambung Alfons.

Apalagi posisi orang yang membeli hanyalah anggota dari Team Drive, sehingga posisi pembeli sangat lemah. Administrator bisa dengan tiba-tiba mengganti password akun dan mengambil alih akun kapan pun diinginkan.

"Selain itu, karena organisasi yang Anda ikuti untuk mendapatkan Team Drive ini tidak Anda kenal, jika ada anggota atau administrator yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Google Drive dan berakibat Team Drive tersebut dihapus, maka semua data yang Anda simpan di Team Drive Anda akan ikut terhapus, sekalipun Anda tidak melakukan pelanggaran," tandasnya.



Simak Video "Indonesia dan Portugal Jalin Kerja Sama Transformasi Digital & Cyber Security"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT