Selasa, 28 Agu 2018 10:53 WIB

Data WhatsApp di Google Drive Kurang Aman, Ini Sebabnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
WhatsApp. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) WhatsApp. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - WhatsApp mengumumkan bahwa data pesan yang dicadangkan oleh pengguna di layanan cloud Google Drive tersebut tidak terenkripsi, sehingga menimbulkan kekhawatiran pesan itu menjadi kurang aman.

Sebelumnya, Google dan Facebook selaku pemilik WhatsApp, pada awal bulan ini bekerja sama untuk menawarkan pengguna WhatsApp fitur back up di Google Drive tanpa batas atau unlimited.

Fasilitas tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang kesulitan dalam mem-backup data pesan WhatsApp karena kehabisan ruang memori di smartphone.

Di samping itu semua, backup data WhatsApp di server Google adalah pilihan yang bisa diambil bisa tidak. Ada peringatan yang mengatakan bahwa data pengguna tidak dienkripsi ketika sudah disimpan di cloud.


Itu artinya, enkripsi end-to-end yang memastikan bahwa pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima saja, yang merupakan fitur andalan dari WhatsApp, tak berlaku bila sudah tersimpan di Google Drive.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (28/8/2018) sebelumnya Google juga mengumumkan bahwa semua backup WhatsApp yang belum diperbarui lebih dari setahun akan dihapus secara otomatis di Drive pada 12 November. Penghapusan yang dimaksud meliputi file pesan teks, gambar, dan video.


Bila ingin data lama Anda itu tetap terjaga, maka bisa buka WhatsApp dan pilih pengaturan, kemudian akses obrolan dan tekan cadangkan obrolan.

Sementara itu, pengguna WhatsApp di iOS tak akan terpengaruh oleh perubahan ini. Sebab, Facebook sudah memiliki deal dengan Apple sehingga pengguna bisa back up di iCloud.


Saksikan juga video 'Duh! Ada WhatsApp Palsu Curi Data':

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed