Lakukan Ini untuk Lindungi HP Android dari Hacker!

Lakukan Ini untuk Lindungi HP Android dari Hacker!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 16 Mei 2022 13:23 WIB
kejahatan cyber
Cara mengamankan HP Android dari serangan hacker. Foto: Internet
Jakarta -

Hacker zaman sekarang makin pintar dalam melancarkan aksinya, namun semua tidak akan berarti jika kita sang pemilik HP juga pandai menjaga HP milik kita. Hacker kerap menyasar untuk beragam kepentingan, mencuri data penting, membobol kartu kredit dan aktivitas mata-mata.

Untuk melindung HP dari serangan hacker, Jake Moore Security Specialist di Edet membagikan tipsnya, sebagaimana melansir Mirror.

1. Jangan lupa update

"Pertama, pastikan ponsel kalian up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel kalian terlindungi dari ancaman terkini," kata Moore.

Perusahaan pasti sudah berpikir panjang untuk memberikan proteksi pada penggunanya. Apalagi update memang ditujukan 'menambal' kekurangan keamanan yang ada di sistem operasi sebelumnya.

2. Download Password Manager

Ini akan membantu mengontrol password yang kita gunakan di banyak layanan. Password Manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kamu menggunakan password yang sama di layanan lain.

"Download Password Manager untuk menjaga semua password kalian dan kemudian nyalakan otentifikasi dua faktor di semua akun yang menawarkannya, yang seharusnya ada di kebanyakan aplikasi dan akan mengamankannya dari hacker bahkan meskipun password sudah didapat," papar Moore.

3. Aplikasi antivirus

Banyak vendor antivirus yang membuat aplikasi mobile untuk mengamankan ponsel Android. Pilih dari perusahaan yang sudah bereputasi tinggi seperti Norton, Bitdefender atau Kaspersky.

Tak ada salahnya pula membaca review anti virus mana yang paling ampuh. "Penting untuk download aplikasi antivirus untuk membuat ponsel kalian aman dari virus dan juga dari malware," tutur Moore.

4. Bikin password yang kuat

"Jangan lupa untuk memiliki password yang bagus di ponsel Android kalian yang tidak termasuk apapun yang berhubungan dengan diri kalian, misalnya saja hari ulang tahun atau perayaan tertentu," pungkas Moore.

[Gambas:Youtube]



(ask/rns)