Ukraina Sukses Jegal Serangan Siber ke Pembangkit Listrik

Ukraina Sukses Jegal Serangan Siber ke Pembangkit Listrik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 15 Apr 2022 18:06 WIB
Spyware
Foto: dok ITPro
Jakarta -

Ukraina mengklaim sukses menjegal serangan siber yang dilakukan ke pembangkit listrik mereka, yang diduga dilakukan oleh grup hacker Rusia.

Menurut laporan ESET, perusahaan keamanan siber, grup hacker yang dimaksud adalah Sandworm, yang diduga punya kaitan dengan pemerintah Rusia. Sandworm ini awalnya berencana mematikan komputer yang mengontrol infrastruktur sebuah perusahaan listrik.

Menurut Computer Emergency Response Team of Ukraine (CERT-UA), hacker itu berencana mematikan listrik pada 8 April, sembari menghapus semua data yang ada di komputer yang bakal dipakai untuk menyalakan kembali pembangkit listrik tersebut.

Percobaan serangan tersebut menggunakan bermacam jenis malware, dan menurut ESET, salah satunya adalah malware bernama CaddyWiper yang baru ditemukan. ESET pun mengaku menemukan malware baru yang mereka namai Industroyer2.

Industroyer versi pertama adalah malware yang pada 2016 sukses dipakai untuk melakukan serangan siber ke Kyiv. Tepatnya ke infrastruktur listrik di Kyiv, yang membuat ibukota Ukraina itu mati listrik selama beberapa waktu.

Menurut ESET, kemungkinan besar Industroyer2 ini dibuat oleh grup hacker yang sama. Pasalnya malware ini tak lazim dipakai oleh hacker, dan mereka hanya dua kali menemukan pemakaian malware ini, yang artinya memang malware tersebut ditulis untuk keperluan yang spesifik.

Dalam laporan CERT-UA, grup hacker yang melakukan serangan ini terlihat mengulur-ulur waktu. Mereka pertama menyusup ke sistem komputer korbannya sebelum Maret. Analisis ESET menyebutkan salah satu komponen utama malware dibuat dua minggu sebelum serangan.

Tak jelas bagaimana si hacker bisa menyusup ke jaringan komputer perusahaan, ataupun bagaimana mereka bisa mengakses jaringan industrial seperti itu. Namun dari analisis yang ada, si hacker berusaha keras untuk menghilangkan jejaknya dalam serangan tersebut.



Simak Video "Ukraina Digempur Serangan Siber"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)