Forum Hacker Terbesar di Dunia Ditutup, Pendirinya Ikut Dibekuk

Forum Hacker Terbesar di Dunia Ditutup, Pendirinya Ikut Dibekuk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 09:18 WIB
Insikt Group: Hacker yang Disponsori Pemerintah Cina Targetkan Asia Tenggara dan Indonesia
Forum Hacker Terbesar di Dunia Ditutup, Pendirinya Ikut Dibekuk Foto: DW (News)
Jakarta -

RaidForums, salah satu forum hacker terbesar di dunia, ditutup oleh otoritas penegak hukum gabungan dari Amerika Serikat dan Eropa. Forum ini merupakan tempat jual beli data curian dari seluruh dunia, termasuk dari kasus kebocoran data di Indonesia.

Sebelum ditutup, RaidForums diketahui memiliki lebih dari 530.000 anggota. Forum ini juga memiliki ratusan database yang berisi lebih dari 10 miliar data individu unik untuk dijual.

"Penutupan pasar online untuk penjualan kembali data yang diretas atau dicuri merusak salah satu cara utama penjahat siber untuk mendapatkan untung dari pencurian informasi pribadi dan keuangan yang sensitif secara besar-besaran," kata asisten jaksa agung Kenneth A. Polite Jr., seperti dikutip dari Vice, Rabu (13/4/2022).

Operasi penutupan RaidForums merupakan hasil kolaborasi beberapa otoritas internasional termasuk Kementerian Kehakiman AS, Europol, National Crime Agency, dan penegak hukum dari Swedia dan Rumania. Tiga domain milik RaidForums turut disita yaitu 'raidforums.com', 'Rf.ws', dan 'Raid.lol'.

RaidForums aktif beroperasi sejak tahun 2015. Sebelum menjadi tempat favorit hacker untuk jual beli data, situs ini digunakan untuk merencanakan aksi pelecehan online, termasuk swatting dan raiding.

Dalam beberapa tahun belakangan, popularitasnya mulai melonjak dan digunakan oleh kelompok ransomware dan pemeras untuk membocorkan data perusahaan demi mendapatkan tebusan. Jenis data pribadi yang diperjual-belikan di RaidForums antara lain informasi pribadi dan keuangan seperti nomor rekening, nomor kartu kredit, informasi login, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan keuntungan, RaidForums menjual beberapa level keanggotaan dan menjual kredit yang memungkinkan anggota mengakses area rahasia atau data curian yang disimpan di forum.

Departemen Kehakiman AS juga mendakwa admin dan pendiri RaidForums bernama Diogo Santos Coelho alias Omnipotent. Pria asal Portugal ini ditahan di Inggris pada 31 Januari dan sedang menunggu proses ekstradisi ke AS.

Coelho yang baru berusia 21 tahun sudah menjadi admin RaidForums sejak tahun 2015 dan sering turun tangan langsung untuk menjual data curian. Ia didakwa dengan tuduhan konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang parah.

Dua rekan Coelho juga telah ditahan. Salah satunya seorang warga Inggris berusia 21 tahun yang ditahan oleh NCA pada bulan Maret tapi kemudian dibebaskan. Saat individu ini ditahan, polisi menyita uang tunai sebesar 5.000 Poundsterling, uang tunai ribuan dolar, dan membekukan aset kripto senilai lebih dari USD 500.000.



Simak Video "Awas! HP Android Murah Terancam Dibobol Hacker"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)