Awas! Kejahatan Siber Phising Incar Informasi Keuangan Anda

ADVERTISEMENT

Awas! Kejahatan Siber Phising Incar Informasi Keuangan Anda

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 31 Mar 2022 15:02 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Indonesia Anti-Phising Data Exchange (IDADX) menyebutkan bahwa phising masih menjadi senjata para pelaku kejahatan siber. Sektor keuangan dan kripto jadi mangsa buruannya.

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data sensitif, seperti kata sandi atau kartu kredit dengan teknik mengelabui. Secara sederhana, phising bentuk penipuan dalam istilah komputer.

Laporan phising dikumpulkan IDADX dalam per kuartal pertama 2022, terkait phising dari beberapa sumber data keanggotaan IDADX, laporan masyarakat, dan Netcraft. Selain itu, data ini juga berasal dari Anti-Phising Working Group (APWG).

"IDADX mencatat per tanggal 21 Maret tahun ini terdapat 32.296 laporan phising domain .id dalam kurun waktu lima tahun terakhir yang dikumpulkan pada dashboard IDADX," ujar Ketua Pandi, Yudha Giri Sucahyo, Kamis (31/3/2022).

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan teknik Pandi, Muhammad Fauzi memaparkan, pada kuartal pertama tersebut ada 3.180 laporan phising, yang mana sektor keuangan paling banyak diincar.

Disebutkannya, 50% dari jumlah total serangan phising yang dilaporkan adalah mengincar lembaga keuangan. Kemudian disusul sektor e-Commerce/retail, cryptocurrency, media sosial, ISP, dan gaming.

Ketika terjadi phising, IDADX langsung menindaknya, seperti memblokir situs yang diketahui sebagai sarana phising.

"Ketika mendapatkan laporan phising di sebuah situs, kami akan memblokir atau menonaktifkan domain tersebut," ucapnya.

Kehadiran IDADX yang baru terlahir Agustus 2021 ini akan memberikan laporan rutin kepada publik per kuartalnya. Dengan harapan, publik bisa teredukasi dan mengetahui perkembangan phising yang terjadi

Sebagai informasi, IDADX merupakan sebuah inisiasi untuk meningkatkan keamanan siber nasional dengan memfasilitasi respons global terhadap kejahatan internet di sektor pemerintah, penegak hukum, industri, dan komunitas internet.

IDADX dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), di mana anggota IDADX terdiri para registrar Pandi. Kendati begitu, lembaga/organisasi lain ikut keanggotaan ini.



Simak Video "Pemerintah Bentuk Timsus Urus Bjorka, Ruby Alamsyah: Seperti Gajah Lawan Semut"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT