FS-ISAC, Komunitas Intelijen Siber untuk Layanan Finansial

FS-ISAC, Komunitas Intelijen Siber untuk Layanan Finansial

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 20:01 WIB
Hacker di Indonesia bobol puluhan ribu data pemohon bansos AS, raup hampir setengah miliar rupiah
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Financial Services Information Sharing and Analysis Center (FS-ISAC), komunitas intelijen siber global untuk layanan finansial, merilis program Critical Providers Program. Apa fungsinya?

Critical Providers Program adalah program yang didesain untuk memperkuat keamanan rantai pasokan sektor keuangan. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan perlindungan dan kesiapan industri dalam menghadapi ancaman siber yang canggih.

Salah satu yang bergabung di Critical Providers Program ini adalah Akamai Technologies, penyedia solusi keamanan siber. Akamai bergabung sebagai anggota pendiri, yang membantu memfasilitasi dialog dua arah dengan sektor keuangan mengenai intelijen ancaman dan taktik kejahatan siber.

"Seiring semakin banyaknya layanan keuangan yang mengadopsi berbagai teknologi baru untuk mengubah cara mereka beroperasi dan melayani nasabah, para penyedia layanan penting telah menjadi sekutu penting bagi industri ini dan target kejahatan siber," ujar Teresa Walsh, Global Head of Intelligence FS-ISAC, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (24/1/2022).

"Program ini akan memastikan para anggota kami secara efisien menerima informasi keamanan yang akurat dan tepat waktu dari penyedia layanan penting mereka. Jika terjadi insiden berskala besar, program ini akan membantu anggota kami untuk bertindak dan/atau melakukan remediasi dengan cepat, sekaligus memberikan mereka informasi yang tepat untuk mengarahkan para pemangku kepentingan utama," tambahnya.

Selama insiden atau ancaman siber berskala besar yang melibatkan sektor keuangan dan para penyedia layanan pentingnya, program ini akan memanfaatkan saluran komunikasi khusus FS-ISAC untuk mempercepat penyebaran informasi akurat yang diperlukan untuk mengatasi risiko yang mendesak dan menjaga keamanan industri.

"Kami bangga menjadi anggota pendiri program penting ini dan mengapresiasi FS-ISAC karena telah mengambil peran kepemimpinan dalam memfasilitasi komunikasi langsung antara para penyedia layanan penting dan sektor keuangan," kata Dr Boaz Gelbord, Chief Security Officer, Akamai, dalam keterangan yang sama.

"Kami tidak sabar ingin membagikan apa yang kami lihat dari sudut pandang platform edge terdistribusi global kami yang unik, mendengarkan pengalaman anggota, dan berkolaborasi dalam cara memitigasi risiko yang ada saat ini dan di masa mendatang," tutupnya.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Ukraina Digempur Serangan Siber"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)