Awas! Ada Aplikasi Streaming Ilegal di iOS

ADVERTISEMENT

Awas! Ada Aplikasi Streaming Ilegal di iOS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 15:12 WIB
Apple umumkan pemenang App Store Awards 2021
Foto: dok. Apple
Jakarta -

Pengembang aplikasi FlickType Kosta Eleftheriou memperingatkan para pengguna iPhone dan iPad terhadap sejumlah aplikasi streaming penipu yang ada di App Store.

Eleftheriou menunjukkan sejumlah aplikasi yang mengaku sebagai penyedia layanan streaming resmi dengan menggunakan trailer film dan filter foto untuk menipu para korbannya.

Aplikasi ini pun mengajak pengguna untuk memasukkan kode dan membagikan aplikasi ke teman-temannya untuk membuka fitur yang lebih banyak, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (4/1/2022).

Tak cuma itu, aplikasi ini juga memungut bayaran untuk layanan premium yang diproses dalam App Store. Artinya Apple juga menerima pemasukan dari potongan sebesar 15-30% yang didapat oleh aplikasi penipu ini.

Anehnya, menurut Eleftheriou, aplikasi penipu ini dibiarkan selama berbulan-bulan di App Store meskipun terus mendapat review negatif yang juga menyebutkan kalau layanan yang ditawarkan itu ilegal.

Iklan yang mempromosikan aplikasi itu pun terus beredar, menggunakan influencer di media sosial yang mempunyai jutaan pengikut.

"Meskipun Apple gagal menjaga keamanan App Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari dua juta kali dan saat ini menghasilkan uang USD 16.000 per hari atau sekitar USD 6 juta per tahun," ujar Eleftheriou.

Lemahnya keamanan App Store ini pun diakui Eric Friedman, bos unit Fraud Engineering Algorithms and Risk (FEAR) di Apple, yang tugasnya menjaga keamanan App Store. Ia menganalogikan sistem keamanannya ini seperti membawa pisau plastik ke pertempuran dengan senjata api.

Bahkan ia menyebut proses penyaringan aplikasi sebelum masuk ke App Store hanya seperti wanita cantik yang menyapa turis di bandara Hawaii, bukan seperti anjing pelacak narkoba.

Sebagai informasi, Eleftheriou sebelumnya sudah beberapa kali mengomentari keberadaan aplikasi sejenis di App Store. Ia pun bisa dibilang masih menyimpan dendam ke Apple, dan bahkan pernah menggunakan Apple karena dianggap mencuri desain aplikasi FlickType yang ia buat untuk Apple Watch.



Simak Video "iOS 16 Beta 4 Beri Perubahan Baru di Beberapa Fitur"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT