Aplikasi Nakal Ini Hanya Bisa Dibuka Kalau Dapat Review Bagus

Aplikasi Nakal Ini Hanya Bisa Dibuka Kalau Dapat Review Bagus

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 15:45 WIB
App Store
Aplikasi Nakal Ini Hanya Bisa Dibuka Kalau Dapat Review Bagus Foto: shutterstock
Jakarta -

Pengembang dan pemburu aplikasi nakal Kosta Eleftheriou baru saja menemukan aplikasi iOS yang aneh bin ajaib. Aplikasi itu hanya bisa digunakan setelah pengguna memberikan review bintang tiga ke atas di App Store.

Aplikasi itu bernama UPNP Xtreme yang diklaim bisa membantu pengguna streaming video ke TV. Kini aplikasi tersebut telah ditarik dari App Store.

Dari video yang diunggah Eleftheriou di Twitter, aplikasi itu terlihat memaksa pengguna memberikan review hanya beberapa saat setelah dibuka. Eleftheriou tidak bisa menghilangkan kotak review dari layar, dan ia juga tidak bisa memberi review bintang satu atau dua.

Perilaku aplikasi UPNP Xtreme ini sudah menyalahi salah satu ketentuan Apple yang mengatakan bahwa pengembang aplikasi tidak boleh meminta review langsung setelah aplikasi baru pertama kali dibuka oleh pengguna.

Pada umumnya, pengembang aplikasi boleh menampilkan notifikasi untuk meminta review dari pengguna sebanyak tiga kali dalam periode 365 hari, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (28/5/2021).

Ini hanya satu dari ratusan aplikasi iOS nakal yang telah ditemukan oleh Eleftheriou. Ia memang telah lama berseteru dengan Apple sejak aplikasi keyboard buatannya, FlickType, dikalahkan oleh aplikasi mahal yang memasang review palsu.

Pada awal tahun ini, Eleftheriou melayangkan gugatan untuk Apple. Ia berargumen bahwa Apple menyalahgunakan monopolinya atas aplikasi iOS untuk mendapatkan uang dengan mengorbankan pengembang dan konsumen.

Seperti diketahui, Apple mengambil komisi sebesar 30% dari setiap pembelian dan pembayaran di App Store. Produsen iPhone itu mengatakan mereka membutuhkan komisi untuk menjalankan App Store dan menciptakan ekosistem yang aman bagi pengguna.

Eleftheriou mengatakan Apple sudah menghapus lebih dari 100 aplikasi dari hasil laporannya. Tapi ia masih kesal karena Apple yang mengaku punya ekosistem aman dan tertutup justru membiarkan aplikasi nakal lolos dari proses seleksi di App Store.



Simak Video "WhatsApp Akan Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)