Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi

Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 09:51 WIB
Stiker Add Yours Instagram Disalahgunakan untuk Penipuan
Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi (Foto: Instagram)
Jakarta -

Instagram mengambil tindakan tegas menyusul penyalahgunaan stiker Add Yours. Konten Add Yours yang umbar data pribadi akan dihapus.

"Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan," kata representatif Meta Indonesia selaku induk dari Instagram, kepada detikINET, Rabu (24/11/2021).

Informasi pribadi lainnya itu mencakup informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal. Instagram menegaskan privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi mereka.

"Kami berupaya keras untuk menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna, dan kami tidak memperbolehkan pengguna memposting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain," ujar mereka.

Namun, Instagram mengatakan ada kemungkinan informasi pribadi bisa diposting di platform mereka. Hal itu jika informasi itu berasal dari berita, pengajuan pengadilan, siaran pers, maupun sumber lainnya.

Instagram meminta para pengguna untuk melaporkan konten yang pengguna yakini telah melanggar hak privasi mereka melalui tautan BERIKUT INI. Instagram juga meminta pengguna membaca lagi aturan pelanggaran privasi dalam tautan yang bisa KLIK DI SINI.

Sebelumnya, di media sosial saat ini lagi ramai dengan bahasan soal tren 'Add Yours' di Instagram yang akhirnya dipakai untuk penipuan. Tidak sedikit pengguna yang terjebak memberikan data pribadinya di IG Story.

Tweet yang viral dari @ditamoechtar_ mengungkapkan temannya jadi korban penipuan karena mengikuti tren Add Yours dan memberikan nama panggilan pribadinya. Akibatnya korban percaya untuk mengirimkan uang ketika penipu menyapa dengan nama kecilnya.

Di Twitter, kemudian banyak screenshoot foto Add Yours yang menanyakan data-data pribadi terkait perbankan. Hal inilah yang kemudian berbahaya karena sikap netizen yang FOMO alias latah tidak mau ketinggalan tren.

Halaman selanjutnya: Pakar larang posting data pribadi di Add Yours >>>



Simak Video "Viral! Ada yang Ngaku Tertipu Gegara 'Add Yours' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]