GB WhatsApp APK Dicari Karena WhatsApp Down, Awas Bahaya!

GB WhatsApp APK Dicari Karena WhatsApp Down, Awas Bahaya!

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 15:13 WIB
Womens hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.
GB WhatsApp APK Dicari Karena WhatsApp Down, Awas Bahaya! (Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)
Jakarta -

Akibat layanan WhatsApp down, banyak pengguna mencari alternatif untuk mengaksesnya. Salah satunya lari ke GB WhatsApp APK, padahal ada risikonya.

Layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram sempat down selama 6 jam dan kini sudah berangsur pulih di seluruh dunia. Ketika layanan down, pengguna panik dan mencoba mencari sendiri solusi bagaimana bisa mengakses WhatsApp.

Dipantau di Google Trends, Selasa (5/10/2021) banyak pengguna mendadak mencari GB WhatsApp APK. Ini sebenarnya adalah aplikasi modifikasi untuk WhatsApp atau WA Mod.

Eits, hati-hati detikers! Jangan latah dan ikut-ikutan langsung mencari GB WhatsApp APK. Untuk yang menggunakan aplikasi mod seperti ini harus hati-hati karena akun WhatsApp milik kalian bisa diblokir secara permanen.

Aplikasi-aplikasi ini memang memberikan lebih banyak fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp versi asli seperti tema yang beragam, mengakses akun di dua perangkat, dan lain-lain. Tapi di balik keragaman fiturnya, WA GB dan aplikasi sejenisnya memiliki sederet ancaman keamanan.

GB WhatsApp APK tidak tersedia Google Play Store atau Apple App Store dan hanya bisa diunduh lewat situs pihak ketiga yang tidak memiliki standar keamanan yang ketat. Artinya, ada risiko mudah disusupi oleh malware, mau?

Percakapan di GB WhatsApp APK juga tidak mendapatkan perlindungan enkripsi end-to-end yang dimiliki WhatsApp karena disimpan di server pihak ketiga. Ada kemungkinan percakapan kalian bisa diintip oleh hacker atau pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, WA GB dan aplikasi lainnya juga telah melanggar Terms of Services milik WhatsApp, karena dibuat oleh pihak ketiga yang tidak resmi. WhatsApp memberikan ancaman diblokir untuk sementara.

"Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," kata WhatsApp dalam blog resminya, seperti dikutip detikINET.

Jika tidak ingin akun kalian sampai dihapus, WhatsApp mengimbau pengguna GB WhatsApp untuk segera mengunduh dan pindah ke aplikasi resminya. Tapi sebelumnya kalian disarankan untuk mencadangkan dan memindahkan riwayat chat kalian ke aplikasi resmi.

Jadi, pikir dua kali sebelum mengunduh GB WhatsApp APK, karena ada sejumlah risikonya. Bersabar saja sedikit, toh layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram berangsur pulih kembali.



Simak Video "WhatsApp-Instagram-Facebook Tumbang!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)