Awas! Ada Situs PeduliLindungi Palsu Curi Data Pribadi

Awas! Ada Situs PeduliLindungi Palsu Curi Data Pribadi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 17:10 WIB
Link Download Sertifikat Vaksin COVID-19, Simak Caranya di Sini
Awas! Ada Situs PeduliLindungi Palsu Curi Data Pribadi (Foto: Adi Fida Rahman/detikcom)
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi makin banyak dipakai masyarakat dan hal itu rupanya menggoda orang jahat membuat situs palsunya. Awas, jangan tertipu dengan yang kaleng-kaleng.

Dedy Permadi, Juru Bicara Kemenkominfo membenarkan adanya situs PeduliLindungi abal-abal dengan nama dan tampilan yang mirip. Ini merupakan situs jahat yang bertujuan farming atau memanen data nomor ponsel, nama lengkap dan alamat rumah Anda.

"Ditemukan situs 'farming' nama dan tampilannya persis PeduliLindungi. Tapi ini situs palsu," tegas Dedy kepada detikINET, Kamis (9/9/2021).

Situs palsu itu adalah https://www.pedulilindungia.com/. Perhatikan, URL-nya ada tambahan huruf A. Jika di-click di browser bahkan ada notifikasi Not Secure dari Google.

Menurut Dedy situs ini mengumpulkan data pribadi masyarakat secara ilegal, jadi jangan diklik. Kominfo pun sudah bertindak.

"Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider)," kata Dedy.

Terakhir, Dedy mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play store.

"Jadi kalau ada dapat sebaran soal PeduliLindungi dan disuruh klik link, perhatikan linknya," pungkas Dedy.



Simak Video "Awas! Waspadai Aplikasi PeduliLindungi Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)