Harus Tahu, Teknologi Ini Dipakai untuk Jaga Kedaulatan Digital RI

Harus Tahu, Teknologi Ini Dipakai untuk Jaga Kedaulatan Digital RI

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 06 Sep 2021 08:45 WIB
PT Pelabuhan Indonesia II/IPC melakukan langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas logistik melalui digitalisasi. Salah satunya menghadirkan platform marine operating system (MOS).
Teknologi yang dipakai buat jaga laut RI. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Teknologi mutakhir tentunya digunakan pelabuhan Indonesia. Untuk menjaga kedaulatan kita, dibutuhkan perlindungan yang cukup bahkan super ketat. Kepada detikINET, EVP Sekretariat Perusahaan Ali Mulyono IPC (PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)) membagikan soal tersebut.

Implementasi teknologi komunikasi yang IPC lakukan disebutnya memiliki banyak manfaat bagi aspek pelayanan namun juga memiliki potensi risiko. Terkait dengan hal tersebut IPC telah mengidentifikasi bahwa sistem yang digunakan untuk akses jarak jauh akan sangat berisiko untuk disusupi.

"Dalam rangka mengamankan pelabuhan dari serangan-serangan cyber yang disengaja oleh pihak-pihak tertentu, cybersecurity menjadi prioritas utama manajemen IPC. Sebagai bagian dari transisi digital, IPC akan mengintegrasikan cybersecurity ke dalam proses inti perusahaan," kata Ali.

Menurut Ali, membangun cyberressiliency, mengamankan proses operasi, menyelenggarakan pelatihan reguler, serta evaluasi terus menerus terhadap potensi serangan cyber merupakan bagian dari mitigasi risiko menjaga pelabuhan Indonesia. Seluruh sumber daya manusia IPC harus memahami risiko dari serangan cyber dan harus mengikuti pelatihan yang sesuai agar risiko keamanan dapat dimitigasi.

"Prioritas IPC adalah mengintegrasikan cybersecurity ke dalam teknologi untuk seluruh perangkat yang terkoneksi ke internet, serta melakukan otomasi cyber defense sehingga tim cyber security dapat fokus untuk melindungi IPC dari serangan cyber baru," lanjutnya.

Secara teknologi, pelabuhan Indonesia juga dibantu dengan CCTV yang ditempatkan di seluruh wilayah operasi kepelabuhanan sehingga mampu memantau seluruh kegiatan 24 x 7.

Selain itu ada juga VTS atau Vessel Traffic System yang terdiri dari Radar System, weather system, Automatic Identification System, VHF Radio Communication, CCTV, Radar Direction Finder yang berfungsi untuk perencanaan dan pengendalian secara realtime pelayanan kapal dengan yang memberikan posisi kapal yang akurat, serta sebagai sarana pengawasan area perairan pelabuhan.



Simak Video "Manufaktur Ramai Diserang Hacker, Diduga Sasar Produksi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)