Awas! Nonton Black Widow Sembarangan Bisa Rugi Sendiri

Awas! Nonton Black Widow Sembarangan Bisa Rugi Sendiri

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 12 Jul 2021 15:30 WIB
Marvel Studios BLACK WIDOW

Black Widow/Natasha Romanoff (Scarlett Johansson)

Photo: Jay Maidment

©Marvel Studios 2020
Awas! Nonton Sembarang Black Widow Bisa Bikin Rugi. Foto: JAY MAIDMENT
Jakarta -

Film Black Widow menyita perhatian pecinta film dan ingin menontonnya. Di saat kondisi masih pandemi, terlebih diberlakukannya PPKM Darurat, tak sedikit yang mencari jalan pintas, yakni mengakses film di situs ilegal.

Perusahaan keamanan internet Kaspersky mengingatkan pemutaran film terbaru seperti Black Widow tidak hanya mengundang para penggemar, tapi juga scammers dan penipu.

Pakar keamanan Kaspersky Anton V Ivanov mengatakan perilisan film besar selalu menjadi sumber hiburan, tetapi juga merupakan daya tarik bagi pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan ancaman, halaman phishing, dan email spam.

"Saat ini, kami telah mengamati aktivitas penipuan intensif terkait film populer Black Widow, yang perilisannya telah ditunggu-tunggu penggemarnya di seluruh dunia," ujar Ivanov dalam siaran pers Kaspersky, Senin (12/7/2021).

Para ahli Kaspersky menyoroti lonjakan upaya infeksi di tengah perilisan Black Widow yang diumumkan, yaitu 1 Mei 2020, serta 7 Mei dan 9 Juli 2021. Menjelang pemutaran perdana film.

Hasilnya, Kaspersky melihat jumlah upaya serangan yang cukup besar untuk menginfeksi pengguna, 12% sebelum tanggal rilis awal pada tahun 2020, 13% pada April 2021, dan 9% pada Juni 2021.

Ditemukan pula ada situs web phishing yang bisa bikin rugi pengguna. Awalnya, korban akan menikmati film Black Widow selama beberapa menit, setelah itu mereka akan diminta mendaftar untuk melanjutkan menonton.

Saat pendaftaran, korban harus mengonfirmasi lokasi tempat tinggal, memasukkan rincian kartu bank, yang nantinya saldo di tabungan korban mulai dikuras dan film pun terhenti di sana.

"Serangan ini dapat dicegah dan pengguna harus waspada terhadap situs yang mereka kunjungi," ungkap Ivanov.

Untuk menghindari korban berbahaya dan penipuan, Kaspersky punya tipsnya:

  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan laman resmi dan terpercaya untuk menonton film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan
  • Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi
  • Gunakan solusi keamanan, seperti Kaspersky Security Cloud untuk mengindetifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing
  • Hindari tautan yang menjanjikan tampilan awal konten. Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi vendor penyedia hiburan Anda


Simak Video "Mantap! 'Black Widow' Pecahkan Rekor Box Office di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)