Jepang Beri Uang Bagi Para Penangkap Penjahat Cyber

Jepang Beri Uang Bagi Para Penangkap Penjahat Cyber

Josina - detikInet
Minggu, 23 Mei 2021 12:05 WIB
Anonymous
Foto: Internet
Jakarta -

Di Jepang tepatnya di kota Nagoya, pemerintah setempatnya mengumumkan program baru yang disebut 'Operation Pretend to Be Fooled'. Idenya adalah, orang-orang yang menemukan dan menangkap 'ore ore scream' yang merupakan salah satu penipuan cyber tertua di Jepang, akan diberi hadiah uang tunai.

Istilah 'ore ore scam' sendiri adalah saat korban menerima panggilan telepon dan penipu berpura-pura bahwa mereka adalah seseorang yang pernah ditemui korban sebelumnya. Mereka kemudian akan berusaha meyakinkan korban bahwa mereka sedang dalam masalah dan membutuhkan bantuan mereka, seperti minta ditransfer uang secepatnya.

Jika berhasil menangkap 'ore ore scream' akan diberi hadiah sebesar 10 ribu yen atau sekitar Rp 1,3 jutaan, sebagaimana dilansir detikINET dari Ubergizmo.

Penipuan model seperti ini telah lama eksis. Dengan mengabaikan hal ini, berarti penipu akan mengincar ke target berikutnya. Setidaknya dengan program sayembara semacam ini, orang akan tertarik mengejar insentif tersebut dan berupaya membantu polisi membasmi para scammer ini.



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)