Awas! Jebakan Pencurian Data Berkedok Piala Oscar 2021

Awas! Jebakan Pencurian Data Berkedok Piala Oscar 2021

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 26 Apr 2021 10:51 WIB
Piala Oscar
Piala Oscar (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Ajang Piala Oscar 2021 rupanya dijadikan modus para penjahat siber untuk menyebar phishing. Tujuannya adalah mencuri data pengguna.

Phishing bermodus ajang Piala Oscar 2021 ini dilaporkan oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky. Dalam pernyataan yang diterima detikINET, Senin (26/4/2021) mereka menemukan banyak situs web phising menawarkan tontonan film nominasi Oscar.

"Pakar Kaspersky telah menemukan berbagai situs web phishing menawarkan penayangan film nominasi Oscar secara gratis sebelum acara penghargaan, yang sebenarnya bertujuan untuk mencuri kredensial pengguna," kata Kaspersky.

Judul film nominasi Piala Oscar 2021 yang ditawarkan seperti penjahat siber sebagai umpan adalah Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Nomadland, Sound of Metal, Promising Young Woman, The Father dan The Trial of The Chicago 7. Tujuannya adalah menjebak pengguna masuk ke situs palsu.

"Saat melakukan pendaftaran, untuk memastikan wilayah tempat tinggal, korban diminta memasukkan detail kartu bank. Beberapa waktu kemudian, uang akan didebit dari kartu, dan seperti yang diharapkan, film tidak diputar kembali," jelasnya.

Selain phishing, Kaspersky juga menemukan beredarnya malware dengan nama menyerupai judul film nominasi Oscar 2021. Ada 80 file yang terdeteksi melakukan penyamaran.

Hampir 70% malware menyamar menjadi judul film nominasi Oscar yaitu Judas and The Black Messiah (26%), Promising Young Woman (22%), dan Trial of The Chicago 7 (21%).

"Film tetap menjadi daya tarik populer untuk menyebarkan halaman phishing dan email spam. Serangan ini dapat dicegah, dan pengguna harus waspada terhadap situs yang mereka kunjungi," kata Anton V Ivanov, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk itu Kaspersky memberikan 4 tips untuk para pengguna internet:

  • Memeriksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi untuk menonton atau mengunduh film.
  • Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan. Memerhatikan ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.
  • Menggunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Menghindari tautan yang menjanjikan tampilan awal konten, dan jika Anda ragu tentang keaslian konten, tanyakan kepada vendor penyedia hiburan terkait.


Simak Video "Chloe Zhao Wanita Asia Pertama Pemenang Sutradara Terbaik Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)