Akun Aktivis ICW Diretas, Ini Cara Amankan WhatsApp

Akun Aktivis ICW Diretas, Ini Cara Amankan WhatsApp

Tim - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 21:44 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

Sejumlah aktivis ICW mengeluhkan kejadian peretasan akun WhatsApp. Dulu, aktivis Ravio Patra juga mengalami hal serupa. Inilah cara mengamankan WhatsApp dari pembajakan.

Pembobolan WhatsApp kerap dilakukan dengan berbagai cara dan beberapa kali dijelaskan pakar keamanan. Misalnya saja pakar keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya pernah memberikan penjelasan terkait hal ini ketika terjadi kasus pembajakan pada Ravio Patra.

Pembobolan dilakukan dengan utak-atik pengaturan dan mengubah nomor. Isi nomor yang diincar pada 'old phone number, dan nomor HP yang membajak pada 'new phone number'.

Selanjutnya, modus ini akan mengirimkan konfirmasi ke nomor WhatsApp yang ingin digantikan. Agar terhindar dari pembajakan WhatsApp, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan:

Cara mengamankan akun WhatsApp dari pembajakan:

1. Jangan pernah menyetujui konfirmasi penggantian nomor WA

Jika tahu-tahun Anda menerima notifikasi penggantian nomor WA, jangan pernah disetujui. Apalagi jika Anda merasa tidak melakukan apa-apa terkait setelan WA. Artinya ada pihak ketiga yang mencoba melakukannya.

2. Pakai selalu Two-Step Verification

Mulai dari detik ini juga, aktifkan fitur Two-Step Verification (TFA). Jika ada pihak ketiga yang ingin menguasai akun WhatsApp kita, maka mereka akan menghadapi TFA ini.

Cara mengaktifkannya adalah: Dari Setting pilih Account dan pilih Two- verification. TFA akan membantu Anda melindungi WhatsApp dari upaya ambil alih oleh pihatk ketiga.

Sebelumnya, sejumlah aktivis ICW mengalami peretasan mulai akun WhatsApp hingga Gojek siang tadi. Para aktivis tersebut diduga diretas pada saat acara diskusi ICW dengan para mantan petinggi KPK.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu aktivis ICW, Nisa Rizkiah. Dia memastikan peretasan terhadap akun para aktivis ICW terjadi sekitar pukul 12.30 WIB hingga 12.45 WIB.

Lihat juga video 'Kebijakan Baru WhatsApp Mulai Berlaku Hari Ini, Sudah Tahu?':

[Gambas:Video 20detik]



(fay/fyk)