Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater, Apa yang Terjadi?

Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater, Apa yang Terjadi?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 21:00 WIB
kantor shopee
Telat bayar tagihan Shopee Paylater, apa jadinya? (Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET)
Jakarta -

Shopee salah satu e-commerce yang menyediakan layanan Paylater. Limit yang diberikan kepada tiap orang pun berbeda, tergantung seberapa sering pengguna memakai Paylater Shopee dan bagaimana ketaatan mereka membayar Paylater tepat waktu. Ada yang mendapatkan limit Rp 450 ribu, Rp 750 ribu, hingga jutaan rupiah.

Mungkin kamu salah satu orang yang sering memanfaatkan layanan ini dan tepat waktu dalam membayar. Tapi, kira-kira, apa yang terjadi kalau sampai lupa bayar tagihan Shopee Paylater?

Dilihat dari situs resmi Shopee, Senin (29/3/2021) tagihan Shopee Paylater (SpayLater) menetapkan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi. Per tanggal 28 April 2020, transaksi menggunakan SPayLater dikenakan suku bunga sekecil-kecilnya 2.95% untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti. Pengguna pun bisa membayar dalam bentuk cicilan dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan.

Jika kamu terlambat membayar Shopee Paylater, kamu akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan yang sedang berjalan.

Selain itu, diketahui Shopee bekerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itu, bisa saja kamu akan tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Ancaman lainnya adalah pembekuan akun Shopee dan pembatasan penggunaan voucher Shopee. Terakhir, kemungkinan kamu akan mengalami penagihan lapangan (field collector) atau penagihan secara langsung.

Untuk menghindari itu, segera lakukan pembayaran tagihan Shopee Paylater setelah sadar bahwa sudah lupa membayar dan melewati jatuh tempo. Batas pembayaran atau jatuh tempo tagihan Shopee Paylater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah tagihan muncul.



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)