Barang yang Paling Banyak Dicicil Mahasiswa Selama Pandemi

Barang yang Paling Banyak Dicicil Mahasiswa Selama Pandemi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 17:51 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
Ilustrasi mahasiswa. Foto: iStock
Jakarta -

COVID-19 memberikan tamparan keras ke perekonomian keluarga, karena itu wajar jika akhirnya mahasiswa juga mencari pinjaman untuk bertahan di perkuliahan dan memenuhi keperluan tugas dengan baik.

Perusahaan fintech CICIL, yang membantu persoalan cicilan, mengungkap produk yang paling banyak dicari pinjamannya oleh mahasiswa di tengah pandemi COVID-19. Ternyata jawabannya adalah pulsa.

"Kalau saat pandemi, pulsa sih. Datanya cukup meningkat tinggi banget, pulsa skemanya paylater, jadi kalau dapat alokasi dari orangtua di akhir bulan sedang kuliah harus berjalan satu minggu itu jadi tidak bisa menunggu," ungkap Edward Widjonarko CEO & Co-Founder CICIL dalam konferensi pers 'Empat Tahun #LebihPercaya', Jumat (11/9/2020).

Edward pun menambahkan, meski hampir semua bisa diajukan cicilan, ada juga produk yang masuk blacklist contohnya rokok dan minuman. Sisanya, bisa masuk perhitungan baik itu alat keperluan praktikum yang mahal sampai ke sepatu olahraga.

Vicka Fadhilla Student Ambassador CICIL mengungkapkan dalam kesempatan yang sama produk-produk yang paling banyak dicari oleh rekan-rekannya sesama mahasiswa. Selama menjalankan tugas sebagai ambassador, Vicka melihat smartphone menjadi kebutuhan yang banyak dicari.

"Cicilnya ya barang yang dibutuhkan sih misalnya kamera, laptop, ada juga yang HP pertimbangannya karena gadget banyak dipakai, laptop saja aku kan untuk ngedit, kalau jurusan lain lebih ke HP," kata mahasiswi dari Universitas Padjajaran tersebut.

Kebanyakan dari mereka yang mengajukan pinjaman adalah mereka yang ingin membeli barang kebutuhan praktikum tetapi tidak ingin menyusahkan orang tua mereka.

"Karena nggak enak ya sudah coba nyicil toh dia bisa nyisihin uang, dan biasanya anak yang merantau. Kadang nggak bilang ke orangtuanya, jadi biar lebih bisa mandiri," tandasnya.



Simak Video "Asyik! Pemerintah Kaji Bantuan Subsidi Pulsa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)