Viral Zoom Bisa "Lihat" Meski Webcam Mati, Apa Iya?

Viral Zoom Bisa "Lihat" Meski Webcam Mati, Apa Iya?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 06:45 WIB
zoom
Viral Zoom Bisa
Jakarta -

Sebuah video yang viral di TikTok tampaknya secara keliru menginformasikan bahwa host di Zoom bisa tetap melihat dan mendengar meski kamera dan mikrofon kita dimatikan.

Sejumlah video yang diupload oleh pengguna dengan akun shokshooter, dikenal juga sebagai Mic Mute Man, menunjukkan dia sedang menghadiri kelas virtual via Zoom. Dia mengangkat kertas berisi tulisan, memainkan musik, dan mengajukan pertanyaan sementara kamera dan video seolah-olah dimatikan.

Di videonya, si pengguna menandai dengan garis merah pada mikrofon atau simbol kamera di layar. Lalu seseorang yang menjadi guru di video tersebut kemudian merespons shokshooter.

@shokshooter

Tidak jelas siapa individu atau orang yang menjadi guru, institusi akademi apa yang dihadiri, atau siapa teman sekelas si pengguna karena hanya inisial mereka yang ditampilkan dalam video, dan kamera mereka dinonaktifkan.

Meskipun video ini tampak asli, beberapa orang berupaya membuktikan bahwa video tersebut kemungkinan palsu. Disinformasi ini sukses mengumpulkan jutaan orang yang menonton dan menjadi viral.

Dikutip dari Independent, ada beberapa hal yang membuktikan bahwa video tersebut hoax. Yang pertama, pengguna memakai laptop MacBook yang seharusnya memiliki indikator kamera yang dipasangkan ke webcam akan berubah menjadi hijau ketika aktif.

"Tim hardware membuat LED terhubung erat ke sinyal hardware dari sensor. Jika sinkronisasi vertikal (yang saya yakin) aktif, LED akan menyala. Tidak ada kontrol firmware untuk menonaktifkan atau mengaktifkan LED. Jadi saya tidak percaya bahwa malware dapat dipasang untuk mengaktifkan kamera tanpa menyalakan LED, " komentar mantan engineer Apple menanggapi kekhawatiran terkait privasi atas beredarnya video ini.

Tidak mungkin pula bahwa host (yang pada video ini adalah guru), dapat mengaktifkan webcam tanpa sepengetahuan peserta video call Zoom lainnya. Pada halaman Pusat Bantuan Zoom, ada informasi yang menjelaskan hal ini.

"Karena alasan privasi dan keamanan, host tidak dapat mengaktifkan peserta lain tanpa persetujuan mereka. Penyelenggara dapat menggunakan opsi 'Ask All to Unmute' yang akan meminta setiap pengguna untuk mengaktifkan mikrofonnya sendiri, atau melakukannya dengan 'Request' izin untuk mengaktifkan mikrofon dan kamera peserta yang diinginkan," tulis Zoom.

Sejauh ini, shokshooter tidak merespons apapun terkait laporan ini. Demikian juga TikTok dan Zoom belum memberikan tanggapannya. Kemungkinan video tersebut hanya diedit untuk menunjukkan bahwa fungsi privasi Zoom tidak berfungsi, atau konten yang diputar adalah video saat kamera dinonaktifkan. Namun tetap saja, video ini membuat pengguna lain merasa khawatir.



Simak Video "Geger Kepala Dusun di Nganjuk Joget TikTok di Atas Meja Kades"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)