4 Langkah Mengamankan HP Anda, Segera Lakukan!

4 Langkah Mengamankan HP Anda, Segera Lakukan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 19:17 WIB
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone
Tips dan langkah menjaga keamanan data di HP (Foto: Photo by Greg Froning on Unsplash)
Jakarta -

Semua orang ingin HP-nya tetap selalu aman dan terjaga privasinya. Wajar saja, sebab HP zaman sekarang menyimpan berbagai data penting di dalamnya.

Meskipun keamanan yang diberikan oleh sistem operasi Android ataupun iOS sudah memberikan pengamanan yang ekstra untuk perangkat, pengguna juga tetap harus menjaga keamanan perangkatnya sendiri. Berikut ini dikutip detikINET dari Popular Science, Kamis (11/2/2021) ada langkah untuk mengamankan HP yang bisa langsung kamu terapkan:

Cara mengamankan HP:

1. Jaga lock screen tetap aman

Layar kunci ponsel adalah penghalang pertama terhadap akses yang tidak diinginkan. Apakah kamu sudah menggunakan kode PIN atau fitur biometrik, yaitu sidik jari dan scan wajah? Yuk gunakan. Pastikan kamu tidak memakai pin yang standar dan mudah ditebak, ya detikers.

Selain itu, segera atur layar untuk cepat mati misalnya berdurasi 10 atau 15 detik. Ini dapat mencegah kelalaian saat kamu lupa mengunci layar kembali usai digunakan.

2. Hindari spyware

Ketika tidak sengaja mengklik link atau attachment di email yang ternyata berbahaya, kamu harus mewaspadai adanya spyware. Jika kamu merupakan pengguna Android kamu bisa mengecek aplikasi sisipan dengan cara: Settings > Apps and notifications > See all apps. Untuk pengguna iOS langkah yang bisa dilakukan ialah: Apps and notifications > Advanced > Special app access.

Jika menurutmu ponsel mungkin telah disusupi, pastikan kamu mencadangkan semua data terlebih dahulu, kemudian lakukan reset penuh. Upaya ini seharusnya mampu menghapus aplikasi, memblokir akses yang tidak sah, dan membuat kamu kembali sepenuhnya memegang kendali.


3. Perhatikan apa yang kamu bagikan

Apple dan Google memudahkan untuk berbagi lokasi, foto, dan kalender dengan orang lain. Nah, ada celah di mana kamu tanpa sengaja telah mengizinkan HP untuk berbagi data dengan orang lain.

Jika kamu menggunakan iPhone, buka tab People di Find My App untuk melihat siapa yang dapat melihat dan mencabut izin akses lokasi setiap saat. Kamu juga dapat mengaudit album foto bersama dari Shared Album dan kalender bersama. Apabila kamu berada di grup Family Sharing yang tidak kamu inginkan lagi, buka Settings, ketuk nama, dan pilih Leave Family.

Google Families bekerja dengan cara yang mirip dengan Apple Family Sharing. Seandainya kamu ingin keluar dari grup keluarga, buka aplikasi Play Store di Android. Kemudian ketuk tombol menu (kiri atas) > Account > Family > View family members. Dengan menyentuh tiga titik (kanan atas), kamu akan menemukan opsi Leave family group.

4. Lindungi akun

Di era digital, banyak data yang tersimpan di cloud. Karenanya perlu diingat dua hal simpel namun krusial ini: jangan memakai password yang terlalu mudah ditebak dan lakukan verifikasi dua langkah.

Kamu juga wajib mengetahui di mana saja akun terhubung. Di Android kamu bisa membuka Settings > Google > Manage your Google account > Security. Di iPhone, buka Settings dan ketuk nama di bagian atas untuk melihat perangkat yang ditautkan ke akun. Kamu dapat mengetuk salah satunya, lalu memilih Remove from account untuk mencabut aksesnya ke akun Apple milik kamu.



Simak Video "Janji Instagram soal Keamanan Data Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)