Ingin Bikin Startup? Ini Alasannya Kamu Butuh Cloud

Ingin Bikin Startup? Ini Alasannya Kamu Butuh Cloud

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 09 Feb 2021 15:50 WIB
ilustrasi startup
Ilustrasi startup, alasan mengapa startup butuh cloud. Foto: Internet
Jakarta -

Indonesia termasuk negara yang aktif melahirkan startup. Karena itu, adalah hal yang penting untuk memikirkan penggunaan cloud untuk membangun perusahaan.

Fetra Syahbana Country Manager Indonesia Nutanix menjelaskan dalam sesi interview bahwa sebenarnya anak muda adalah pioneer dari penggunaan cloud. Bisa dibilang mereka sudah sangat mahir sehingga sadar akan pentingnya adaptasi cloud dalam bisnis yang mereka bangun.

"Kita termasuk negara penghasil startup paling banyak, mayoritas dilahirkan oleh mereka yang berumur produktif. Anak-anak muda selalu ingin cepat dan kalau bisa sekarang bukan besok. menjawab kebutuhan ini, startup kemudahan dalam menciptakan aplikasi dan memberikan akses ke customer tanpa harus dibatasi waktu. Mau tidak mau cloud jadi pilihan mereka," jelas Fetra melalui video conference, Selasa (9/2/2021).

Adaptasi cloud membuat startup memiliki efisiensi waktu dari banyak sisi. Salah satunya, mereka tidak harus repot membangun infrastruktur IT atau data center sendiri yang memakan waktu tidak sebentar.

"Mereka tidak harus punya tim IT sendiri. Kita ambil contoh, dalam hal seleksi barang saja sampai pengadaan itu sampai 2-3 bulan, itu baru mem-provide infrastruktur belum hal lainnya, itu saja butuh waktu yang lama," ucapnya.

Masih kata Fetra, anak muda merupakan kategori yang paling cepat beradaptasi dengan cloud. Ini dikarenakan mereka belum lama bekerja dan pendapatan masih terbatas meskipun keinginan memberikan layanan terbaik pada customer masih sangat membara.

Karena karakter anak muda yang ingin dengan cepat memberikan solusi kepada market, ketika bisnis mereka semakin berkembang, penggunaan cloud mereka akan semakin bervariasi. Mereka mulai membandingkan satu cloud dengan cloud lainnya.

Di sinilah peranan perusahaan seperti Nutanix membantu startup dan perusahaan IT untuk mengatur penggunaan cloud yang berbeda-beda. Nutanix menghadirkan infrastruktur hybrid cloud berupa software-defined stack yang mengintegrasikan komputasi dan storage, menyediakan pengoperasian terpadu di private dan public cloud.

Salah satu klien besar yang ditangani Nutanix adalah startup Tokopedia. Nutanix berhasil membantu Tokopedia memiliki menyederhanakan data center dan memangkas jumlah server.



Simak Video "Seperti Start-Up, Deretan Drakor Ini Berkisah tentang Perjuangan Meraih Mimpi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)