Pakai WhatsApp GB cs, Akun WhatsApp Bisa Diblokir Permanen!

Pakai WhatsApp GB cs, Akun WhatsApp Bisa Diblokir Permanen!

Tim - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 18:35 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Pakai WhatsApp GB cs, Akun WhatsApp Bisa Diblokir Permanen! Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

WhatsApp GB, WA GB atau GB WhatsApp sedang ramai dibicarakan di Twitter oleh netizen. Untuk yang menggunakan aplikasi mod seperti ini harus hati-hati karena akun WhatsApp milik kalian bisa diblokir secara permanen.

Ancaman blokir permanen ini tidak hanya untuk pengguna WA GB, tapi juga aplikasi WhatsApp hasil modifikasi pihak ketiga lainnya yang populer seperti WhatsApp Plus dan YoWhatsApp.

Aplikasi-aplikasi ini memang memberikan lebih banyak fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp versi asli seperti tema yang beragam, mengakses akun di dua perangkat, dan lain-lain. Tapi di balik keragaman fiturnya, WA GB dan aplikasi sejenisnya memiliki sederet ancaman keamanan.

Saat ini aplikasi seperti WA GB hanya bisa diunduh lewat situs pihak ketiga yang tidak jelas asal usulnya. Aplikasi yang hanya bisa diunduh di luar Google Play Store atau Apple App Store karena toko aplikasi resmi seperti ini memiliki standar keamanan yang ketat.

Karena tidak tersedia di Play Store, aplikasi ini juga tidak didukung oleh Google Play Protect. Alhasil, ada risiko WA GB dan aplikasi sejenisnya mudah disusupi oleh malware.

Percakapan di WA GB juga tidak mendapatkan perlindungan enkripsi end-to-end yang dimiliki WhatsApp karena disimpan di server pihak ketiga, jadi ada kemungkinan percakapan kalian bisa diintip oleh hacker atau pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, WA GB dan aplikasi lainnya juga telah melanggar Terms of Services milik WhatsApp. Karena dibuat oleh pihak ketiga yang tidak resmi, WhatsApp juga tidak bisa memvalidasi praktek keamanannya.

Karena telah melanggar ketentuan dan tidak menggunakan aplikasi resmi, pengguna WA GB harus siap-siap menerima 'surat cinta' dari WhatsApp yang menyatakan akun mereka telah diblokir untuk sementara.

"Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," kata WhatsApp dalam blog resminya, seperti dikutip detikINET Selasa (2/2/2021).

Jika tidak ingin akun kalian sampai dihapus, WhatsApp mengimbau pengguna WA GB untuk segera mengunduh dan pindah ke aplikasi resminya. Tapi sebelumnya kalian disarankan untuk mencadangkan dan memindahkan riwayat chat kalian ke aplikasi resmi.

Jika tidak dicadangkan, semua percakapan kalian akan langsung hilang. Perlu dicatat juga bahwa WhatsApp tidak menjamin proses pemindahan riwayat chat ini akan berhasil sepenuhnya karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi tidak resmi.

Cara memindahkan chat dari WA GB ke WhatsApp resmi:

- Tunggu sampai pemblokiran sementara berakhir. Akan ada timer yang menunjukkan durasi pemblokiran.

- Buka aplikasi WA GB, lalu klik More options > Chats > Back up chats.

- Buka menu Settings di ponsel, lalu klik Storage dan pilih opsi Files.

- Cari folder GB WhatsApp lalu klik dan tahan untuk memilihnya.

- Di sudut kanan atas, klik More lalu klik Rename untuk mengubah nama folder menjadi 'WhatsApp'.

- Buka Google Play Store dan unduh aplikasi resmi Whatsapp.

- Setelah selesai diunduh, buka aplikasi WhatsApp dan verifikasi nomor telepon kalian.

- Jika backup data ditemukan, klik Restore lalu klik Next.

- Riwayat chat kalian sudah dimuat di aplikasi WhatsApp resmi.

Kehilangan fitur-fitur menarik WA GB mungkin sedikit mengesalkan, tapi setidaknya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp resmi percakapan dan data kalian lebih terjamin keamanannya. Untuk itu selalu gunakan aplikasi resmi yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.



Simak Video "Jika Tolak Aturan, Pengguna Terancam Tak Bisa Gunakan WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)